London ( Bisnis Jakarta ) – Brighton and Hove Albion memastikan posisi aman dari ancaman degradasi di level teratas kompetisi sepak bola Liga Inggris, setelah dalam pertandingan Jumat malam waktu setempat mengalahkan Manchester United 1-0.

Brighton layak meraih kemenangan tersebut setelah tampil optimal melawan tim yang di atas kertas lebih kuat itu. Dan mereka dapat menghibur para suporternya dengan gol yang dibuat Pascal Gross pada menit ke-57.

Pemain depan Brighton asal Jerman itu menanduk bola hasil umpan silang Jose Izquirdo.

Dengan hasil itu, Brighton naik ke posisi 11 klasemen sementara dengan 40 poin dari 36 kali main. Dengan demikian mereka sudah pasti tidak akan masuk ke posisi tiga terbawah, zona degradasi.

Selanjutnya pada dua pertandingan sisa Brighton akan menghadapi Manchester City pada Rabu dan Liverpool pada laga terakhirnya.

Manchester United tetap di urutan kedua dengan 77 poin dan akan bertamu ke West Ham pada Kamis, serta menjadi tuan rumah untuk Watford.

Dengan hasil pada Jumat malam itu, berarti Manchester United sudah menelan kekalahan dari tiga tim promosi Liga Inggris, yakni Brighton, Huddersfield dan Newcastle.

Pelatih Brighton Chris Hughton menyatakan senang setelah timnya terhindar dari degradasi dan bakal kembali tampil di level tertatas kompetisi Liga Inggris musim mendatang.

“Ada sejumlah pemain yang sangat percaya diri dan disiplin,” katanya.(ant)