Sao Paulo ( Bisnis Jakarta ) – Piala Amerika 2019 di Brazil akan diikuti sepuluh tim dari Amerika Selatan ditambah dua undangan yakni Jepang dan Qatar, kata Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) pada Jumat.

Beberapa negara pernah mendapat undangan khusus sejak 1993, termasuk Jepang yang bermain pada turnamen 1999 di Paraguay.

Tim-tim tamu biasanya datang dari wilayah tetangga yakni anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara dan Tengah, dan Karibia (CONCACAF), maka masuknya Qatar, negara Teluk yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2022 merupakan hal baru.

CONMEBOL mengatakan kehadiran dua negara non-Latin itu disebabkan “kepentingan besar Konfederasi Sepak Bola Asia dalam berpartisipasi di turnamen-turnamen CONMEBOL dan untuk komitmen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan untuk membangun sepak bola di seantero dunia.” Piala Amerika, yang telah dimulai sejak 1916, merupakan turnamen sepak bola internasional tertua di dunia. Tuan rumah tahun depan Brazil belum pernah memenangi trofi ini sejak 2007.(ant)