Praha ( Bisnis Jakarta ) – Petra Kvitova bergerak selangkah lebih dekat untuk memenangkan gelar juara keduanya pada tahun ini ketika ia menaklukkan Zhang Shuai 7-6 (6) 6-0 di semifinal turnamen Praha Terbuka, Jumat.

Petenis Ceko, yang bersaing di turnamen negaranya sendiri untuk pertama kalinya, bakal menghadapi petenis Romania Mihaela Buzarnescu di final, Sabtu.

Zhang berjuang keras untuk memenangkan satu set pertama saat melawan juara Wimbledon dua kali Kvitova, dan bahkan sempat memimpin 5-1 pada tiebreak sebelum lawannya yang berusia 28 tahun itu membalikkan kedudukan.

Kvitova mendapatkan tiga pukulan kemenangannya saat ia bangkit kembali untuk merebut set itu dan menghancurkan kepercayaan diri Zhang.

Unggulan kedua itu mengakhiri pertandingan dalam waktu satu jam 18 menit, kemenangan di set kedua nyaris sempurna tatkala dia mendapatkan 15 pukulan kemenangan dan membuat tiga kesalahan sendiri.

“Setelah set pertama saya sangat tenang, saya merasa sangat baik dan saya percaya pada diri sendiri,” kata Kvitova di pinggir lapangan.

Kvitova, yang bersaing untuk gelar keduanya tahun ini setelah memenangkan trofi tunggal putri turnamen St Petersburg pada Februari, akan menghadapi unggulan ketujuh Buzarnescu, yang kembali mengalahkan petenis Italia Camila Giorgi 4-6 6-3 7-5 di babak semifinal lainnya.

Dalam pertemuan marathon yang berlangsung selama dua jam dan 25 menit, Buzarnescu menemukan pola permainannya di dua set terakhir untuk waktu yang lama berkat permainan solid Giorgi, tetapi kemudian berakhir menutup dengan kemenangan setelah pukulan-pukulannya lebih unggul dari lawannya itu.

Dia meraih kemenangannya setelah bola servis Giorgi membentur jaring untuk kesalahan ganda kedelapan di pertandingan tersebut.

“Saya sangat senang saya bisa menang – yang banyak tekanannya, karena saya hari ini juga berulang tahun,” kata Buzarnescu, yang berusia 30 tahun. “Saya tidak pernah berhenti untuk percaya.”(ant)