BOGOR (Bisnis Jakarta) – Usaha Bambang Istiawan (64) yang berhasil menghijaukan lahan kritis di daerah Megamendung, Bogor mendapat apresiasi dari Bank Negara Indonesia (BNI) berupa dana bantuan sebesar Rp 430 juta. Bantuan diserahkan Vice President Corporate Communication & CSR BNI Meiliana disela-sela BNI-Media Family Gathering di Bogor, Sabtu (5/5).

Bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) BNI ini nantinya akan digunakan untuk Nursery serta pengembangan Sarana dan Prasarana Hutan Organik yang terletak di Kawasan Megamendung, Jabar. Bantuan ini nantinya diharapkan memperluas lahan yang akan dihijaukan dari yang saat ini seluas 27 hektar dengan berbagai pohon baik pohon keras maupun buah-buahan.

Tak lupa, Bambang juga melestarikan tanaman endemik dari Jawa Barat seperti rasamala, pohon puspa, tapi juga mendatangkan pohon dari luar jawa seperti kayu ulin, ebony dan lain sebagainya.

Lahan yang memiliki kemiringan hingga 80 derajat, kata Bambang, juga ditanami tanaman panii. Meski tanaman itu sejenis perdu dan sereh, jelasnya, tetapi akar panii mampu mencapai hingga 8 meter, sehingga sangat efektif menahan longsor.

Selain terus berusaha menghijaukan lahan kritis di daerah Puncak, Bambang juga membentuk kelompok tani Hutan Organik yang tujuannya untuk menyadarkan warga sekitar agar ikut menjaga dan mempertahankan lahan hijau mereka sehingga tetap lestari. (son)