Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Persija Jakarta tak ingin terpeleset di kandang klub Home United pada pertandingan semifinal pertama zona Asia Tenggara Piala AFC 2018 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5) mengingat persiapan yang dilakukan cukup lama.

“Persiapan yang kami lakukan sudah bagus untuk menghadapi Home United. Bahkan kami pada babak penyisihan sudah mencoba lapangan dengan rumput buatan. Jadi saya pikir, kita sudah siap untuk pertandingan besok,” kata pelatih Persija Stefano Cugurra dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Senin.

Pelatih yang akrab dipanggil Teco itu mengaku sudah menyiapkan tim terbaik dan bahkan sudah mempelajari karakter permainan tim calon lawannya. Calon lawan dinilai tim yang kuat, memiliki tradisi yang kuat dan cukup berpengalaman di Piala AFC.

“Saya pikir ini klub yang bagus. Mereka juga berpengalaman di AFC. Kami juga telah memperhatikan beberapa permainan mereka di babak penyisihan grup. Mereka akan jadi yang kuat dengan kualitas pemain yang bagus. Kami harus berkonsentrasi untuk pertandingan besok,” katanya menambahkan.

Bermain di kandang sendiri, kata Teco, Home United jelas mempunyai motivasi yang berlipat. Apalagi yang dihadapi adalah Persija yang sebelumnya mampu membuat kejutan dengan menjadi juara Grup H yang salah satunya menang atas tim Singapura lainnya, Tampines Rovers.

Meski demikian, pelatih asal Brazil itu mengaku tidak gentar karena Persija datang ke Singapura dengan rasa percaya diri mengingat persiapan yang dilakukan cukup panjang yaitu dua pekan. Pihaknya mengaku siap membuat kejutan di Negeri Singa itu.

“Kami juga bersemangat untuk pertandingan berikutnya. Kami dipenyisihan bisa menaklukan Johor di kandang kami. Kami juga mengalahkan Tampines. Kami berharap bisa memberikan kejutan yang lebih banyak. Kami memainkan sepak bola yang bagus,” kata Teco menegaskan.

Tim asal ibukota ini memang menjadi sorotan karena mampu berubah menjadi tim yang layak diwaspadai. Namun, Persija datang ke Singapura dengan sedikit celah setelah kiper utamannya, Andritany Ardhiyasa harua ditinggal di Jakarta karena cedera saat membela timnas.

Untuk mengisi pos Andritany, Teco membawa dua penjaga gawang yang selama ini akrab dibangku cadangan yaitu Daryono dan Rizky Darmawan. Sedangkan pemain lain tidak ada masalah termasuk sang bomber haus gol, Marko Simic.

Setelah pertandingan semifinal zona Asia Tenggara di Singapura, satu pekan berikutnya tepatnya 14 Mei giliran tim Macan Kemayoran yang bakal menjadi tuan rumah yang rencananya pertandingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.(ant)