JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Persija Jakarta bermodal dua gol tandang untuk leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 setelah di laga leg pertama di Singapura, Selasa, takluk 2-3 dari tuan rumah Home United. Hasil itu membuat Persija membutuhkan kemenangan dengan selisih satu gol, tanpa membiarkan lawan membuat dua gol, kala bermain di leg kedua di kandang pada Selasa (15/5) untuk lolos ke final zona ASEAN Piala AFC 2018.

Masalahnya tiga hari sebelum laga ini, yakni pada 12 Mei, Persija akan berlaga di Liga 1 melawan Madura United (MU). Mengingat pentingnya laga di Piala AFC lantaran membawa nama Bangsa, akankah laga pekan ke delapan ini ditunda kembali, karena jadwalnya sangat dekat hanya berselisih tiga hari?

Dipantau dari laman resmi Persija di Jakarta, Selasa, dalam laga yang digelar di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura tersebut, pelatih Persija Stefano “Teco” Cugurra menurunkan Valentino Telaubun, Maman Abdurrahman, Vava Yagalo dan Ismed Sofyan di lini belakang.

Mereka berlaga tanpa nama-nama bek andalan yakni M. Rezaldi Hehanusa dan Jaimerson da Silva. Untuk posisi penjaga gawang, Teco memainkan Muhammad Rizky Darmawan menggantikan Andritany Ardhiyasa yang cedera.

Sementara di lini serang dan gelandang, Teco tetap memasang deretan pemain utamanya yakni Novri Setiawan, Marko Simic, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand dan Sandi Sute. Sayang, Persija harus ketinggalan dua gol di 10 menit awal laga setelah bek senior Maman Abdurrahman membuat gol bunuh diri di menit kedua dan pemain Home Song Ui-young membuat timnya unggul 2-0 dengan golnya di menit kesembilan.

Tersengat dengan itu, tim berjuluk Macan Kemayoran beberapa kali membuat peluang gol melalui gelandangnya Ramdani Lestaluhu. Gol Ramdani akhirnya datang di menit ke-32 setelah dia berhasil menyundul masuk bola umpan tendangan sudut Riko Simanjuntak.

Persija menyamakan kedudukan menjadi 2-2 tepatnya di menit ke-49, lagi-lagi melalui Ramdani yang mengubah umpan Riko Simanjuntak menjadi gol.

Namun, tendangan jarak jauh Hafiz Nor di menit ke-79 berhasil menembus gawang Persija yang dikawal Muhammad Rizky Darmawan sekaligus membuyarkan hasil imbang yang sudah di depan mata. Skor 3-2 bertahan sampai akhir laga. (grd)