JAKARTA (Bisnis Jakarta) – BNI menganugerahi apresiasi bagi para nasabah perusahaan dan institusi yang telah loyal menggunakan layanan Transactional Banking. BNI memberikan apresiasi berupa awards kepada nasabah dengan kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Anak Perusahaan, Korporat, serta Kategori Pemerintahan, serta nasabah yang bergelut dibidang Pendidikan. Untuk itu, BNI mengundang Direktur Keuangan dan General Manager Treasury dari 100 Nasabah Korporasi dan 50 Nasabah potensial dari BUMN, Perusahaan Minyak dan Gas Bumi, Telekomunikasi, serta sektor unggulan lainnya.

Acara Penganugerahan Apresiasi tersebut diselenggarakan di  Jakarta, Rabu (8/5). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dan Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi.

Adi Sulistyowati menuturkan, pelayanan Transactional Banking BNI tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun. BNI fokus membangun bisnis ini sebagai sumber pengendapan dana murah dari giro operasional nasabah dan pendapatan berbasis komisi (fee based income/FBI) dari transaksi.

Secara year-on-year (YOY) Giro BNI berhasil tumbuh sebesar 22% dari Rp 119,8 triliun pada tahun 2016 menjadi Rp 140,3 triliun pada tahun 2017. Sementara itu volume transaksi Cash Management nasabah perusahaan dan institusi mencapai Rp 2,137 triliun melalui 78,4 juta transaksi sepanjang tahun 2017. Transaksi ini menghasilkan pendapatan berbasis komisi sebesar Rp 665 miliar yang bersumber dari layanan cash management, garansi bank, dan supply chain financing.

Kualitas layanan kepada nasabah juga menjadi faktor penting dalam pengembangan bisnis BNI. BNI terus mengembangkan sumber daya manusia di dalamnya untuk menjaga proses transaksi serta menjadi jembatan komunikasi yang baik untuk mendukung aktivitas keuangan nasabah.

Berbagai solusi transaksional telah disiapkan BNI untuk membantu operasional nasabah. BNI memiliki solusi penerimaan Pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang unggul dan dengan reputasi yang telah dikenal sangat baik oleh para nasabah. BNI juga memiliki berbagai solusi penyaluran Pembayaran Belanja Negara, di antaranya Sistem Perbendaharaan & Anggaran Negara (SPAN) dan Bantuan Sosial. BNI juga berperan dalam membantu Pemerintah Pusat dan Daerah dalam membangun pemerintahan yang efisien dan transparan melalui berbagai layanan, seperti Pelayanan  Imigrasi, Fidusia, hingga Smart PEMDA.

Saat ini, BNI juga telah memiliki beberapa solusi ekosistem industri yang dapat dikustomisasi sesuai dengan bisnis model dan kebutuhan nasabah. Solusi tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah, di antaranya BNI Smart Logistic untuk memfasilitasi kebutuhan jasa ekspor & impor, BNI Smart Tenant untuk melakukan monitoring tagihan secara realtime, dan BNI Smart Redi untuk ekosistem perdagangan dan distribusi retail. BNI juga memiliki BNI Smart Hospital yaitu solusi manajemen rumah sakit modular, dinamis dan terintegrasi; serta BNI EduPatrol solusi untuk ekositem pendidikan yang membantu Sekolah dan orang tua dalam monitoring perkembangan anak di sekolah. (son)