Madrid ( Bisnis Jakarta ) – Petenis peringkat satu dunia Rafa Nadal mengukir rekor baru dengan memenangi 50 set secara beruntun pada satu jenis permukaan lapangan dengan menaklukkan petenis Argentina Diego Schwartzman dengan skor 6-3, 6-4 untuk mencapai perempat final Madrid Terbuka.

Petenis Mallorca itu mematahkan rekor sebelumnya yang dimiliki John McEnroe dengan 49 kemenangan beruntun yang telah bertahan sejak 1984 dengan menaklukkan unggulan ke-13 Schwarzmann dan mencatatkan kemenangan beruntun ke-21nya di lapangan tanah liat.

Nadal akan menghadapi petenis Austria Dominic Thiem di delapan besar pada Jumat, saat ia mengejar gelar Madrid Terbuka keenamnya setelah memulai musim lapangan tanah liat dengan memenangi Monte Carlo Masters untuk ke-11 kalinya dan mengangkat trofi Barcelona Terbuka untuk ke-11 kalinya.

Nadal mengatakan ia tidak terlalu memikirkan rekor tersebut.

“Saat ini saya tidak akan pergi ke sana dan memikirkan hal-hal semacam itu. Saya hanya memikirkan lawan saya, apa yang harus saya lakukan untuk terus melaju. Itu saja,” kata Nadal pada konferensi pers.

“Ketika karier saya berakhir, hal-hal ini akan selalu ada. Itu adalah rekor-rekor besar. Sulit untuk dapat memenangi 50 set secara berturut-turut. Namun saya telah melakukannya. Mari tidak membicarakan hal itu lagi dan meneruskan apa yang telah kita jalani.

Petenis peringkat keenam dunia Juan Martin del Potro tersingkir dari turnamen ini setelah petenis Serbia Dusan Lajovic bangkit dari tertinggal satu set untuk mengalahkan petenis Argentina itu dengan skor 3-6, 6-4, 7-6(6) pada putaran ketiga.

Del Potro terlihat mengendalikan permainan ketika ia mengonversi dua kesempatan break point untuk memenangi set pembukaan, namun Lajovic yang merupakan petenis peringkat 95 dunia, bekerja keras untuk tetap bertahan di kompetisi ini.

“Break” pada pertengahan set kedua sudah cukup bagi Lajovic untuk memaksakan dimainkannya set penentuan sebelum ia mengamankan kemenangan atas petenis sepuluh besar untuk pertama kali sepanjang kariernya pada tiebreak.

“Ini tentu saja merupakan kemenangan terbaik saya, dan tentu saja merupakan salah satu pertandingan terbaik yang saya mainkan,” kata petenis Serbia itu. “Saya masih tidak 100 persen mempercayainya, namun saya tahu saya layak untuk menang pada hari ini.” Pada perempat final, Lajovic akan bertemu petenis Afrika Selatan Kevin Anderson, yang mengalahkan Philipp Kohlschreiber asal Jerman dengan skor 6-3, 7-6 (7).

Petenis Britania Kyle Edmund menindak lanjuti kemenangan mengejutkannya atas Novak Djokovic dengan mengalahkan petenis peringkat sepuluh dunia David Goffin untuk mencapai delapan besar ajang ATP Masters 1000 untuk pertama kali sepanjang kariernya.

Petenis berusia 23 tahun itu dua kali mematahkan serve lawannya pada set pembukaan dan satu kali di set kedua, untuk mengunci kemenangan 6-3, 6-3 pada pertarungan yang berlangsung selama satu jam 12 menit.

“Saya melakukan permainan saya dengan sangat baik,” kata petenis Britania itu. “Permainan saya membaik dan semakin baik, dan saya mengambil momen-momen untuk tidak agresif.” Pendongkrak kepercayaan diri Edmund selanjutnya akan menghadapi petenis muda Kanada Denis Shapovalov, yang mengukir kemenangan 6-4, 6-4 atas kompatriotnya Milos Raonic.

“Ini jelas merupakan salah satu hari terbaik saya di lapangan tanah liat,” kata petenis 19 tahun Shapovalov, yang menghuni peringkat ke-43 di dunia, tertinggal 19 posisi di bawah Raonic. “Untuk berada di atas lapangan melawan legenda semacam itu bagi saya, dan untuk negara saya, merupakan suatu kehormatan.” “Apa yang (Raonic) lakukan untuk negara kami, untuk tenis, selama beberapa tahun terakhir, merupakan hal yang mengagumkan. Untuk mengalahkan dia, merupakan pendongkrak kepercayaan diri yang besar bagi saya.” Petenis AS John Isner juga melaju ke perempat final setelah menaklukkan petenis Uruguay Pablo Cuenas pada pertarungan yang berlangsung ketat yang berakhir dengan skor 7-6(9), 7-6(3), 7-6(4). Ia selanjutnya akan bermain melawan petenis Jerman Alexander Zverev, yang menang 6-4, 6-2 atas petenis Argentina Leonardo Mayer.(ant)