Madrid ( Bisnis Jakarta ) – Upaya petenis peringkat satu dunia Simona Halep untuk mengukir “hattrick” di Madrid Terbuka terhenti ketika ia takluk 4-6, 3-6 dari petenis Ceko Karolina Pliskova di perempat final pada Kamis.

Halep, yang merupakan pemenang turnamen ini untuk dua tahun terakhir, terlihat akan kembali menjadi pemenang dalam perjalanannya menuju delapan besar, hanya kalah dalam sembilan gim pada tiga pertandingan termasuk saat meraih kemenangan atas saudara kembar Pliskova, Kristyna, pada Rabu.

Namun laju kemenangannya di ibukota Spanyol itu terhenti pada 15 pertandingan ketika lawannya yang berusia 26 tahun melanjutkan laju impresifnya di tanah liat merah setelah meraih trofi di Stuttgart bulan lalu.

Ini merupakan kemenangan di lapangan tanah liat atas Halep untuk pertama kalinya bagi unggulan keenam Pliskova, dan ini merupakan penampilan meyakinkan yang akan menarik perhatian banyak pihak menjelang Prancis Terbuka.

Pliskova akan bermain melawan sesama petenis Ceko Petra Kvitova di semifinal setelah unggulan kesepuluh itu menaklukkan petenis Rusia Daria Kasatkina dengan skor 6-4, 6-0.

Petenis Belanda Kiki Bertens meneruskan penampilan bagusnya ketika ia menindak lanjuti kemenangan di putaran ketiga atas petenis peringkat dua dunia Caroline Wozniacki untuk menaklukkan Maria Sharapova dan melaju ke empat besar.

Petenis non unggulan Bertens, yang mencapai semifinal Prancis Terbuka dua tahun silam, bangkit dari kekelahan di set pertama untuk menang 4-6, 6-2, 6-3 dan menyiapkan pertemuan dengan Caroline Garcia yang menaklukkan harapan tuan rumah Carla Suarez Navarro.

Kemenangan Bertens atas Wozniacki membuat Halep akan bertahan sebagai petenis peringkat satu dunia setidaknya selama sepekan lagi, namun petenis Romania itu tidak memiliki jawaban terhadap permainan Pliskova di lapangan tengah.

Pliskova mematahkan servenya untuk memimpin 4-3 pada set pembukaan dan meski Halep menyelamatkan dua set point saat melakukan serve pada kedudukan 3-5, Pliskova menutup set pembukaan dengan menggenggam “love.” Kesalahan Halep terhitung cukup banyak, dan ia berada di bawah tekanan pada awal set kedua ketika Pliskova melakukan break pada gim ketiga.

Halep tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi serve Pliskova dan ia menelan kekalahan pada kedudukan 3-5, kembali kehilangan servenya.

Bagaimanapun, ia dengan cepat melupakan kekalahan ini, mengatakan bahwa ia kini akan fokus kepada Roma pekan depan sebelum mengalihkan perhatiannya untuk berusaha mendapatkan gelar Grand Slam untuk pertama kalinya.

“Saya tidak menekan diri sendiri mengenai poin-poin (peringkat),” kata Halep, yang juga memiliki banyak poin peringkat untuk dipertahankan di Roma setelah mencapai final tahun lalu. “Saya tidak menekan diri sendiri mengenai jadwal padat ini.” “Saya hanya ingin menikmatinya. Saya tidak sabar untuk memulai turnamen selanjutnya. Tidak ada tekanan. Saya merasa ini adalah kesempatan untuk memainkan permainan tenis terbaik saya.” “Mungkin saya tidak memainkan permainan terbaik saya, namun mungkin ia tidak membiarkan saya memainkan permainan terbaik saya. Ia benar-benar bagus pada hari ini.”(ant)