CUCURAK WARGA – Tradisi Cucurak atau makan bersama seperti ini digelar umat muslim di berbagai daerah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan (1439 H).

BOGOR  (Bisnis Jakarta) – Ratusan warga di RT03/RW01, Kampung Kayumanis, Kelurahan Cibadak, Kota Bogor menggelar tradisi Cucurak untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan (1439 H) Kamis malam, (10/05).

Tradisi Cucurak yang diisi dengan kegiatan religi Islami,  seperti pembacaan dzikir,tahmid,tahlil  dan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan tradisi makan bersama nasi liwet oleh seluruh warga yang hadir bersama para tokoh masyarakat setempat itu, juga dihadiri salah satu anggota DPRD Kota Bogor untuk Dapil Tanah Sareal, Aswandi, SH.

Koordinator Kegiatan Rachmat, mengatakan tradisi Cucurak yang digelar warga di wilayah RT03 Kampung Kayumanis rutin dilakukan setiap tahun menjelang bulan Puasa.  “Tujuan dari tradisi Cucurak atau makan bersama warga ini tidak lain untuk kebersaan dalam memepererat tali silaturahmi diantara warga di wilayah RT03/RW01, Kampung Kayumanis. Tradisi ini juga dapat menjadi simbul kegembiraan warga, khususnya umat muslim dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan,” jelasnya.

Tradisi warga, khususnya umat Muslim di Bogor dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini,  juga digelar warga di kalurahan Setu Gede, Kecamatan Bogor Barat.  Di wilayah tersebut  warga pada hari Minggu nanti, (13/05) juga akan menggelar tradisi ‘Ngubeg Setu’ sambut Ramadhan.

Dalam tradisi tersebut, warga secara beramai-ramai akan menceburkan diri ke dalam danau, untuk mengubeg air danau sambil menangkap ikan yang ada di danau Setu Gede. Guna memeriahkan acara tersebut, panitia Ngubek Setu tahun 2018, saat ini telah menyiapkan ikan sebanyak 2 ton yang nantinya akan diceburkan dan ditangkap ramai-ramai oleh warga di lokasi danau Setu Gede.  Tidak hanya itu, untuk acara menghiburan “Pesta Rakyat” panitia juga telah menyiapkan berbagai acara yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya masyarakat Kota Bogor. (bas)