London ( Bisnis Jakarta ) – Adam Lallana siap untuk kembali dari cedera untuk Liverpool pada Minggu dan bisa mendapatkan kesempatan untuk sekaligus membuktikan kebugarannya untuk skuad Inggris di Piala Dunia, yang akan diumumkan pekan depan.

Berbagai cedera telah membatasi penampilan sang gelandang sehingga ia hanya 13 kali bermain untuk klubnya musim ini, dan pada kesempatan terakhir ia hanya bermain selama lima menit saat melawan Crystal Palace pada 31 Maret.

Namun Lallana, yang baru merayakan ulang tahun ke-30 pada Kamis, kelihatannya akan mendapatkan tempat di bangku pemain cadangan Liverpool pada pertandingan terakhir di Liga Inggris melawan Brighton & Hove Albion, ketika pasukan Juergen Klopp hanya memerlukan satu poin untuk mengamankan finis di empat besar.

“Ia bugar semampu dirinya,” kata Klopp pada konferensi pers prapertandingan pada Jumat.

“Adam telah berlatih selama sepekan. Kemarin, ia berlatih normal. Ia terlihat baik-baik saja. Hal sempurna adalah memberinya kesempatan bermain dan kita lihat saja apakah kami dapat melakukannya.” Kembalinya Lallana sangat tepat waktu di mana pertandingan final Liga Champions melawan Real Madrid akan dimainkan kurang dari dua pekan lagi, dan Gareth Southgate akan mengumumkan anggota-anggota skuadnya di Rusia pada 16 Mei.

Kekalahan 0-1 yang diderita Liverpool di markas Chelsea pekan lalu telah memastikan bahwa, seperti pada tahun lalu, perjuangan klub Merseyside itu untuk dapat lolos ke Liga Champions harus dimainkan sampai pertandingan terakhir.

“Kami adalah bagian dari hal itu. Saya tidak frustrasi tentang hal itu,” kata Klopp, yang 12 bulan silam melihat kekalahan 0-3 dari Middlesbrough di hari terakhir musim memastikan timnya finis di peringkat keempat.

Musim ini tugas Liverpool menjadi lebih mudah karena hasil imbang yang didapat Chelsea saat melawan Huddersfield pada tengah pekan, hasil yang membuat “Si Biru” tertinggal dua poin dari tim asuhan Klopp dengan selisih gol yang lebih buruk.

Namun pria Jerman itu memperingatkan bahwa Brighton, yang hanya akan mempertaruhkan harga dirinya setelah mengamankan statusnya sebagai tim Liga Inggris, dapat menjadi lawan yang berbahaya.

Liverpool hanya satu kali menang dari lima pertandingan terakhir di semua kompetisi, dan Mohamed Salah telah puasa gol dalam tiga pertandingan. Namun Klopp mengatakan mereka mendapatkan manfaat dari absen bermain selama sepekan dan tidak ada masalah cedera terkini.

“Sepekan tepat merupakan waktu yang kami perlukan, kami memiliki beberapa pemain dengan sejumlah masalah dan waktu untuk memulihkan diri. Kami masih memiliki dua hari dan itu semestinya membantu kami. Begitu sulit untuk bermain dalam sepekan.” “Orang-orang mendoakan agar saya beruntung (untuk final Liga Champions) pada acara penghargaan LFC kemarin malam. Namun saat ini itu merupakan tantangan selanjutnya. Kami perlu kembali tampil bagus pada Minggu. Itu bukan perpisahan.”(ant)