Lima ( Bisnis Jakarta ) – Federasi sepak bola Peru mengonfirmasi bahwa kapten Paolo Guerrero terpilih masuk timnas untuk Piala Dunia, setelah berakhirnya masa skors karena masalah doping.

Guerrero diskors selama 12 tahun setelah hasil pengujian terhadap dirinya menunjukkan positif untuk zat “cocaine metabolite benzoylecgonine,” menyusul lolosnya Peru bersama Argentina ke Piala Dunia pada tahun lalu.

Badan sepak bola dunia FIFA mengurangi hukuman tersebut menjadi enam bulan, namun Badan Anti-Doping Dunia meminta Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) untuk memperbesar hukuman menjadi satu atau dua tahun.

Sang penyerang, yang memprotes hukuman itu dan menyatakan dirinya tidak bersalah, menghadiri persidangan di CAS awal bulan ini.

Federasi Sepak Bola Peru mengatakan melalui akun Twitternya bahwa timnya akan bepergian ke Brazil “untuk mengunjungi Paolo Guerrero kami yang terpilih,” dan mengambil foto serta peralatan untuk Piala Dunia.

Guerrero (34) kembali ke sepak bola profesional bersama klub Brazil Flamengo pekan lalu.

Peru, yang lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1982, akan menghadapi Australia, Denmark, dan Prancis di Grup C pada putaran final di Rusia.

Guerrero telah mencetak 32 gol untuk negaranya dan membantu mereka finis di peringkat ketiga pada Piala Amerika 2011 dan 2015, ketika ia menjadi pencetak gol terbanyak di kedua turnamen tersebut.(ant)