JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Kekalahan ketiga secara berturut dialami Persija Jakarta setelah mendapat ‘keistimewaan’ istirahat dua pekan dari liga domestik. Blunder yang dilakukan pemain Persija membuat Tim Macan Kemayoran harus tertinggal 1-3 di babak pertama melawan Home United, pada leg kedua babak semifinal AFC Cup zone ASEAN. Berlaga di kandang sendiri, Stadion Gelora Bung Karno dan mendapat suntikan semangat dari sekitar 50 ribuan pendukungnya, membuat Persija langsung mengambil inisiatif serangan di awal babak pertama.

Sayangnya Persija harus kebobolan di menit ke-6 lantaran blunder yang dilakukan penjaga gawang Rizky Darmawan. Bola yang seharusnya bisa ditangkap terlepas dan dengan cepat diceploskan ke gawang oleh pemain Home United Shahril Ishak yang berada di belakangnya. Skor ini tak bertahan lama, setelah wasit member hadiah penalti kepada Persija menyusul dijatuhkannya Novri Setiawan di kotak dua belas pas. Marco Simic yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan dan berhasil menyamakan kedudukan.

Tak berselang lama, blunder kembali dilakukan bek sayap Rezaldi Hehanussa setelah ia ketahuan menjatuhkan lawan di kotak penalti. Meski Rizky berhasil mengantisipasi tendangan penalti Shahril Ishak, namun bola berhasil diceploskan Shahril Ishak ke gawang Persija lantaran kurang sigapnya Rizky.

Persija makin tertekan setelah Jaimerson Xavier mendapat kartu kuning kedua dan harus keluar lapangan setelah menjatuhkan Song Ui-young yang berlari sendirian ke arah gawang Persija. Unggul jumlah pemain dimanfaatkan betul oleh Home United yang kembali mencetak gol untuk membawa  tim asal Singapura itu unggul 3-1 atau 6-3 secara agrerat, setelah menang 3-2 di leg pertama. Hasil ini menutup babak pertama dengan keunggulan tim tamu.

Mencoba bangkit, Persija melakukan sejumlah perubahan saat pertandingan memasuki babak kedua. Meski memasukkan Bambang Pamungkas, Addison Alves dan Fitra Ridwan, namun belum mampu menambah daya dobrak tim Macan Kemayoran. Hingga wasit meniup peluit panjangnya, kedudukan 3-1 tetap tak berubah. Hasil ini membuat Persija gagal melangkah ke babak final AFC Cup zone ASEAN. (grd)