London ( Bisnis Jakarta ) – Fulham menaklukkan Derby County 2-0 (agregat 2-1) di Craven Cottage pada Senin untuk menembus final playoff Championship dimana mereka akan menantang Aston Villa atau Middlesbrough.

Gol babak kedua dari Ryan Sessegnon dan Denis Odoi menghasilkan kemenangan Fulham saat mereka mencari tiket ke Liga Inggris (Premier League) dimana mereka terdegradasi pada 2014.

Derby kini absen di babak playoff tiga kali dalam lima musim terakhir.

Final playoff akan diadakan di Stadion Wembley pada 26 Mei. Tuan rumah Middlesbrough pada Selasa memimpin 1-0 saat leg pertama.

Fulham menyerang sejak awal tetapi kiper Derby, Scott Carson, membuat mereka frustrasi sepanjang babak pertama dengan serangkaian penyelamatan bagus.

Upaya penyelamatan satu tangan membuat tandukan yang kuat dari striker Fulham asal Serbia, Aleksandar Mitrovic dan Carson, berada dalam kondisi terbaiknya pula untuk menghalau tendangan kuat dari Aboubakar Kamara.

Tapi tim Slavisa Jokanovic akhirnya mendapat hadiah untuk upayanya itu dua menit setelah jeda ketika Sessegnon yang berusia 17 tahun menunjukkan ketenangan yang hebat untuk membawa pulang gol hasil tendangan kaki kiri dari dalam area.

Gol yang menentukan datang di menit ke-66 ketika pemain asal Belgia Odoi menundukkan Carson dengan sundulan brilian dari sudut.

Fulham menatap Wembley untuk pertama kalinya sejak mereka kalah di final Piala FA oleh West Ham pada 1975.

“Klub ini membutuhkan kebahagiaan semacam ini,” kata Jokanovic, “Setelah 43 tahun kami akan bermain di Wembley dan ini merupakan pencapaian penting bagi kami.

“Kami pantas mendapatkan kemenangan ini dan kesempatan untuk mencapai Liga Inggris. Para pemain menunjukkan keyakinan dan kepercayaan diri yang besar dan itu adalah penghargaan bagi pemain saya,” katanya.

Bos Derby Gary Rowett merasa timnya terlalu gugup.

“Saya pikir ketenangan kami mengecewakan malam ini, kami membuat terlalu banyak kesalahan pada bola, kami terlihat sedikit gelisah,” katanya.

“Mereka mengalahkan kami di leg kedua dan mereka lebih dari layak untuk menang.”(ant)