Zurich ( Bisnis Jakarta ) – Kapten Peru Paolo Guerrero bakal absen memperkuat timnya dalam Piala Dunia di Rusia setelah larangan bertanding karena dopingnya ditingkatkan dari enam menjadi 14 bulan, Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) mengatakan pada Senin.

Guerrero terbukti positif untuk kokain dalam uji doping setelah kualifikasi Piala Dunia di Argentina pada bulan Oktober. FIFA awalnya menskors dia selama satu tahun, mengurangi ke enam bulan pada banding, yang berarti bahwa penangguhan telah berakhir 10 hari yang lalu.

Namun, CAS mengatakan pihaknya telah secara parsial memperkuat banding dari Badan Anti-Doping Dunia yang telah meminta pelarangan yang lebih lama lagi.

CAS mengatakan bahwa Guerrero telah mengkonsumsi teh yang mengandung zat terlarang.

Panel memutuskan bahwa pemain “memang melakukan kesalahan atau kelalaian, bahkan jika itu tidak signifikan, dan bahwa dia bisa mengambil beberapa tindakan untuk mencegahnya melakukan pelanggaran anti-doping.” Panel “menganggap bahwa sanksi yang tepat adalah sokrsing selama 14 bulan mengingat tingkat kesalahan Guerrero.” Guerrero mengajukan banding atas putusan CAS, meminta agar pelarangan selama enam bulan itu dibatalkan seluruhnya.(ant)