Meksiko City ( Bisnis Jakarta ) – Rafael Marquez bakal menjadi pemain ketiga sepanjang masa yang pernah tampil di lima turnamen Piala Dunia setelah ia dipastikan masuk dalam tim berisi 28 pemain asal Meksiko untuk putaran final di Rusia.

Jika Marquez, yang bisa bermain sebagai bek tengah atau gelandang bertahan, dimainkan untuk memperkuat timnas Meksiko pada turnamen yang digelar pada 14 Juni hingga 15 Juli, ia akan bergabung dengan gelandang Jerman Lothar Matthaeus dan penjaga gawang Meksiko Antonio Carbajal sebagai veteran Piala Dunia lima kali.

Skuad 28 pemain yang ditunjuk oleh pelatih Juan Carlos Osorio akan dipangkas menjadi 23 pada 4 Juni.

Meksiko memulai turnamen mereka melawan juara bertahan Jerman pada 17 Juni sebelum menghadapi Korea Selatan dan Swedia di Grup F.

Muncul di Piala Dunia kelima akan menjadi perpisahan yang pas untuk Marquez yang telah berusia 39 tahun dan sudah mengumumkan rencananya untuk pensiun dari olahraga setelah turnamen di Rusia.

Marquez adalah salah satu atlet paling terkenal di Meksiko dan telah menikmati karir panjang bermain untuk tim termasuk Monaco, NY Red Bulls, Hellas Verona dan sekarang Atlas.(ant)