Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya memberikan izin digelarnya laga leg kedua semifinal Piala AFC 2018 Persija Jakarta versus tim asal Singapura Home United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (15/5).

Kepastian terkait pertandingan yang berlangsung mulai pukul 19.30 WIB itu diketahui dalam unggahan Persija di laman resmi media sosialnya pada Selasa, sekitar pukul 11.30 WIB.

“…pada prinsipnya, Polda Metro Jaya tidak keberatan kegiatan tersebut diselenggarakan,” tulis Polda Metro Jaya dalam surat izin yang ditandatangani Direktur Intel dan Keamanan Polda Metro Jaya Kombes Polisi Umar Effendi dipantau di Jakarta, Selasa.

Adapun sebelumnya, sampai H-1 pertandingan Persija menghadapi Home United, belum ada kepastian partai itu akan dilaksanakan karena belum lengkapnya izin dari Polri.

Persoalan itu diduga kuat terkait isu keamanan setelah Indonesia dilanda tragedi teror bom di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu-Senin, 13-14 Mei 2018, yang menewaskan belasan orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Peristiwa itu menjadi perhatian serius pihak Polri sehingga beberapa Kepolisian Daerah (Polda) mencetuskan status keamanan wilayahnya menjadi siaga I termasuk Polda Metro Jaya.

Sementara, demi lancarnya laga Persija kontra Home United, pihak panitia penyelenggara bekerja sama dengan aparat keamanan baik Polri maupun TNI yang akan menurunkan lebih dari 5.000 personel.

Diperkirakan penonton yang hadir langsung untuk menyaksikan pertandingan itu mencapai sekitar. 40.000 orang.

Mengenai pemeriksaan semua pihak yang akan masuk ke dalam stadion, Direktur Utama Persija Jakarta I Gede Widiade menyebut tidak ada pengetatan. Semua berlangsung seperti bagaimana biasanya.

“Saya pikir pengamanan selama ini saja sudah terlalu ketat dan banyak anggota The Jakmania yang komplain. Tidak mungkin diperketat lagi,” kata Gede.(ant)