DEPOK (Bisnis Jakarta) – Memberikan rasa aman kepada warga menjelang Ramadan, adalah kewajiban bagi anggota Kodim 0508/Depok. Upaya memperkuat keamanan wilayah ini, dilakukan personel Kodim dengan mengintensifkan patroli gabungan bersama anggota Polresta Depok.

Dandim 0508/Depok, Letkol (Inf) Iskandarmanto mengatakan, patroli dilakukan jajaran Kodim 0508/Depok, beserta pihak kepolisian Kota Depok. Kegiatan ini, kata Iskandarmanto, merupakan rutinitas sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keamanan di Kota Depok. Selain itu, juga untuk memberikan kenyamanan bagi warga bila ada yang melakukan aktivitas di malam hari.

“Kami menyisir ruas jalan yang sepi. Kami melindungi warga yang pulang kerja hingga larut malam, agar warga tersebut terasa lebih aman,” ujarnya, Senin (14/05).

Dirinya menjelaskan, dalam patroli biasanya TNI menurunkan empat hingga enam orang anggota. Dari masing-masing anggota, dikerahkan ke beberapa wilayah bekerja sama dengan kepolisian.

“Operasional patroli dilakukan sejak jam 23.00 WIB hingga menjelang pagi, dan tiga hingga lima kali dalam seminggu,” jelasnya.

Sementara itu, terkait terjadinya rentetan Ledakan bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, menjadi perhatian khusus untuk terus mengintensifkan keamanan. Patroli dan pengetatan penjagaan rumah ibadah seperti gereja, dilakukan Polresta Depok untuk memastikan keamanan Kota tetap terjaga.

“Adanya aksi ledakan bom di Surabaya. Kota Depok tidak ingin kecolongan, melalui sinergitas patroli gabungan tiga pilar yakni TNI, Polri, dan pemerintah, kami siap amankan Kota Depok,” ujar Wakapolres Depok Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Arif Budiman.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, tim yang diturunkan terdiri dari jajaran Reskrim Polresta Depok, tim Jaguar dan jajaran di setiap Polsek dibantu jajaran TNI dari Kodim 0508/Depok dan Koramil.

“Nanti kita sisir, kita juga imbau kepada jemaat di gereja untuk tidak takut dan selalu waspada,” katanya.

Dirinya menambahkan, Polri berusaha untuk mengamankan dan memberikan suasana yang kondusif bagi warga kota Depok. Masyarakat Kota Depok diharapkan tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa.

“Tak perlu khawatir petugas keamanan akan turun langsung ke lapangan, serta patroli di sejumlah gereja dan wilayah di Kota Depok,” ungkapnya. (jif)