DEPOK (Bisnis Jakarta) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengaku belum menemukan kandungan berbahaya dalam sejumlah makanan salah satunya di Pasar Sukatani, Tapos, Kota Depok. Hal itu diungkap Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati, saat inspeksi mendadak (sidak) terkait pengawasan ketahanan pangan di Pasar Sukatani. “Dipasar tersebut, aman tidak ada kandungan berbahaya di dalam makanan yang dijual,” katanya, di Depok, Kamis (17/05).

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengujian kualitatif di beberapa jenis makanan. Diantaranya mutiara jelly yang tidak mengandung zat pewarna tekstil, bakso dan cincau yang tidak mengandung zat boraks, tahu yang tidak mengandung zat formalin. “Beberapa jenis makanan yang kami uji ini kerap ditemui kandungan berbahaya untuk kesehatan, maka dilakukan uji sampling,” ujar Erna.

Sekretaris Dinkes Kota Depok juga mengimbau agar warga selalu berhati-hati dalam memilih makanan. Pasalnya, banyak pedagang yang mencampurkan zat berbahaya agar makanan dapat tahan lebih lama, namun berbahaya untuk kesehatan. (jif)