JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) memiliki peran strategis dalam membangun kapasitas perempuan di Indonesia. “Kowani sebagai federasi dari 91 organisasi perempuan di Indonesia memiliki peran strategis dalam pemberdayaan perempuan. Saya sangat mengapresiasi Kowani yang mengadakan Kowani Fair,” kata Puan saat membuka Kowani Fair 2018 di Gedung SMESCO Jakarta, Kamis (24/5).

Puan mengatakan, Kowani Fair merupakan acara untuk mempromosikan industri kreatif dari usaha mikro, kecil dan menengah yang dijalankan oleh perempuan-perempuan pengusaha serta memfasilitasi penciptaan pasar-pasar baru.

Karena itu, Puan menilai Kowani Fair bisa menjadi pembuktian kaum perempuan untuk berperan dalam perekonomian dan penciptaan lapangan pekerjaan. “Acara ini setiap tahun ditunggu oleh perempuan Indonesia, khususnya yang ada di Jakarta. Harus ada inovasi-inovasi dengan menampilkan barang-barang baru produksi dalam negeri,” tuturnya.

Puan berharap, Kowani Fair dapat terus diselenggarakan pada tahun-tahun berikutnya dan dipastikan produk-produk yang dipamerkan dibeli oleh masyarakat. “Saya akan lihat, dalam tiga hari penyelenggaraan pameran ini, barang-barang ada habis dibeli,” katanya.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan penyelenggaraan Kowani Fair merupakan bukti bahwa perempuan-perempuan Indonesia bisa bangkit dan maju. “Perempuan bisa bangkit dan maju dalam membantu pemerintah meningkatkan perekonomian, khususnya bagi kamu perempuan,” kata Yohana.

Dari sisi ekonomi mikro, Yohana mengatakan, sudah cukup banyak perempuan yang berperan. Dia menyebut terdapat 34 juta perempuan yang berkiprah di usaha mikro, kecil dan menengah. Hal itu menunjukkan perempuan-perempuan Indonesia sudah hebat dalam berwirausaha. “Dari sisi ekonomi makro, kita masih harus meningkatkan kemampuan perempuan dalam hal membuka usaha-usaha yang lebih besar lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan Kowani Fair 2018 merupakan penyelenggaraan yang ke-17, untuk menggambarkan konsistensi dan komitmen Kowani dalam menjalankan dharmanya. “Salah satunya adalah pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi,” ujarnya. (son)