Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Sebanyak 14 pemain tim nasional bola basket putra akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (26/5) dan akan berada di sana selama dua minggu sebagai persiapan menuju Asian Games 2018, kata pelatih timnas Fictor Roring.

“Kami akan ke Los Angeles. Pada minggu pertama kami akan lewati dengan latihan penuh dan minggu kedua materi akan ditambahkan dengan menu uji coba dengan tim-tim lokal,” kata Fictor ketika ditemui di Jakarta, Kamis.

Dia melanjutkan, nantinya ada 13 pemain yang berangkat dari Indonesia, karena power forward naturalisasi Jamarr Andre Johnson langsung bergabung di sana.

Adapun ke-13 pemain tersebut yaitu Ponsianus Nyoman Indrawan, Kevin Yonas Sitorus, Respati Ragil Pamungkas, Abraham Damar Grahita, Valentino Wuwungan, Xaverius Prawiro, Sandy Fabiansyakh, Andakara Prastawa, Arki Wisnu, Muhammad Dhiyaul Haq, Firman Nugroho, Juan Laurent Kokodiputra dan Avan Seputra.

“Kami berharap timnas bisa berlatih dan bertanding dengan baik di sana,” ujar Fictor.

Pelatih yang akrab disapa Ito itu melanjutkan, sebenarnya dia menyiapkan satu pemain lagi untuk Asian Games 2018 yaitu center Adhi Pratama Putra.

Namun, sang “big man” berusia 25 tahun itu tidak diikutsertakan ke AS karena masih dalam pemulihan cedera.

“Adhi harus istirahat untuk beberapa minggu ke depan,” tutur Fictor.

Sebelumnya, juga dalam rangka persiapan menuju Asian Games 2018, timnas bola basket putra Indonesia yang memakai nama Pelita Jaya berhasil melaju ke “Road to Final 8 East Asia” usai menjadi peringkat kedua di “FIBA Asia Champions 2018 SEABA Qualifier” pada bulan Mei 2018 lalu.(ant)