DEPOK (Bisnis Jakarta) – Akibat hujan yang mengguyur Kota Depok dan sekitarnya beberapa hari terakhir, diketahui menyebabkan meluapnya Kali Pesanggrahan yang melintas di kelurahan Pasir Putih, Sawangan Depok. Mendapat laporan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengaku tengah menurunkan alat berat dan Satuan Tugas (Satgas), DPUPR guna menormalisasi kali.

“Kali Pesanggrahan memang sudah mengalami pendangkalan. Untuk itu kami lakukan normalisasi dengan alat berat spider dan Satgas, sesuai kemampuan yang kami miliki,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, di Balai Kota Depok.

Namun, selain pendangkalan pihaknya mengaku wilayah tersebut berada di kawasan cekungan yang paling rendah. Selain itu, kali Pesanggrahan bersebelahan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang kapasitas bebannya semakin meningkat.

“TPA tersebut memakan sebagian jalur Kali Pesanggrahan, kami khawatirkan bisa longsor dan memperparah situasi. Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk mencari solusi jangka panjang,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya juga bakal melakukan intervensi di wilayah tersebut, sesuai Tupoksi DPUPR. Untuk itu dihimbau Camat dan lurah setempat juga sudah melakukan pertemuan dengan warga sekitar untuk memberi penjelasan. “Untuk melakukan kegiatan penuh di kawasan tersebut, harus melalui proses dan waktu yang tidak sebentar. Mudah-mudahan dengan upaya Pemerintah Kota Depok, warga mau bersabar,” katanya. (jif)