DEPOK (Bisnis Jakarta) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengimbau agar sekolah menggelar kegiatan keagamaan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadan 1439 Hijriah. Pasalnya, usai Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2017/2018 pada, Sabtu 26 Mei 2018, tak ada lagi kegiatan akademis di sekolah hingga 11 Juni 2018.

“Untuk mengisi kekosongan pascaujian PAT, saya mengimbau kepada pihak sekolah agar mengadakan pendalaman keagamaan untuk siswa dan siswinya. Seperti menggelar program pesantren kilat (sanlat),” kata Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin di Balai Kota, Jumat (25/05).

Dikatakannya, jadwal libur pelajar SD/SMP dimulai pada tanggal 11 Juni hingga 14 Juli 2018. Di sela itu, imbuhnya, pada 09 Juni 2018 ada pembagian rapor.

“Jadi saya titip agar ada kegiatan yang bersifat penguatan karakter anak. Misalnya, salat berjemaah, tadarus bersama, atau merutinkan ibadah sunah lainnya. Pokoknya, dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, katanya.

Sementara itu, Wakil Humas SMP Negeri 3 Kota Depok, Aep Suparman menjelaskan, pihaknya akan menggelar kegiatan bernama Studi Islam Ramadan (SIR). Di dalamnya, akan ada tausiah dengan mengundang penceramah dari luar, tadarus bersama, hingga kegiatan penyaluran minat dan bakat di bidang kebudayaan Islam.

“Kegiatan rutin dilaksanakan pada 30-31 Mei untuk kelas VII dan 4-5 Juni untuk kelas VIII. Semoga berdampak positif terhadap penguatan spiritual anak-anak,” katanya. (jif)