Madrid ( Bisnis Jakarta ) – Rayo Vallecano, klub asal Madrid yang begitu erat dengan pergerakan politik sayap kiri serta basis penggemar mereka yang kecil namun sangat loyal, memenangi tiket promosi ke Liga Spanyol setelah dua tahun absen berkat kemenangan 1-0 atas tamunya Lugo pada Minggu.

Rayo telah menyia-nyiakan peluang untuk mengamankan kembalinya mereka ke kompetisi strata tertinggi pada pekan lalu akibat kekalahan 0-4 di markas Alcorcon, namun mereka mampu memanfaatkan kesempatan kedua berkat sepakan voli pemain sayap Alex Moreno pada menit ke-39 dan mempertahankan keunggulan mereka berkat bantuan atmosfer menggila dari para penggemar.

Dengan promosinya mereka, berarti untuk pertama kalinya akan ada lima tim dari ibukota Spanyol yang tampil di Liga Spanyol musim depan, mendampingi Getafe, Leganes, Atletico Madrid, dan Real Madrid.

Rayo mendapatkan perhatian di dunia internasional dengan merilis kaus tandang pada 2015 untuk mengumpulkan sumbangan terhadap tujuh isu sosial termasuk hak-hak kaum LGBT, dan mereka juga membayarkan biaya sewa tempat tinggal seorang penggemar lokal yang didepak dari rumahnya sendiri akibat krisis ekonomi belakangan ini.

Rayo memuncaki klasemen divisi kedua dengan 76 poin dengan satu pertandingan tersisa, unggul satu poin di atas Huesca, yang telah mengamankan promosi ke Liga Spanyol untuk pertama kalinya pada Senin silam.(ant)