Moskow ( Bisnis Jakarta ) – Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada petarung seni bela diri campuran Amerika Serikat, Jeff Monson, demikian sebuah keputusan kepresidenan yang diterbitkan pada Selasa, sebuah gerakan yang menurut Kremlin termotivasi oleh ketenaran olahraga Monson.

Monson, 47, seorang petarung kandang bertato yang dikenal sebagai “The Snowman,” telah menjalin hubungan dengan Partai Komunis Rusia. Monson juga mengatakan bahwa dia merasa “berjiwa Rusia” dan telah bertemu dan menghabiskan waktu dengan politisi senior Rusia.

Monson merupakan orang terbaru dalam serangkaian selebritis Barat yang diberikan dokumen kewarganegaraan Rusia, mengikuti jejak orang-orang seperti aktor Prancis Gerard Depardieu, petinju AS Roy Jones Jr., dan aktor laga “Hollywood” Steven Seagal.

“Dia orang yang cukup terkenal di dunia olahraga dan terkenal dalam bidangnya di seluruh dunia,” ujar juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan pada Selasa ketika ditanya mengapa Putin setuju untuk memberikan Monson kewarganegaraan Rusia.

Peskov mengatakan Monson telah mengajukan permohonan kewarganegaraan dengan cara normal dan telah memenuhi semua persyaratan proses.

Meski begitu, ia mengatakan Monson belum bersumpah setia kepada Rusia, langkah terakhir untuk menjadi warga negara secara sah.

Monson, seorang kritikus vokal terhadap kebijakan luar negeri AS, mengatakan pada Januari 2016 bahwa ia mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia karena ia telah merasakan solidaritas dengan orang-orang Rusia sejak pertama kali mengunjungi negara tersebut pada 2011.

“… Ketika orang bertanya kepada saya mengapa saya menginginkan kewarganegaraan Rusia, sulit untuk memberikan jawaban ringkas,” tulisnya di “Newsweek.” “Kurasa itu karena aku hanya merasa sebagai orang Rusia,” ujarnya.

Monson sebelumnya telah memperoleh kewarganegaraan kehormatan dari dua negara kecil yang memisahkan diri dari Moskow.

Tidak ada perkataan langsung pada Selasa tentang apakah akan ada upacara publik di mana Putin secara resmi akan menyerahkan Monson dokumen kenegaraan barunya.

Putin, seorang praktisi judo yang penuh semangat, kadang-kadang menyaksikan pertarungan seni bela diri campuran.(ant)