Banjarmasin ( Bisnis Jakarta ) – Barito Putera akhirnya bertengger di puncak klasemen sementara setelah berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-1 pada laga lanjutan Gojek Liga 1 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalsel, Rabu malam.

Dengan hasil kemenangan ini, Barito Putera berhasil meraih tiga poin untuk menyempurnakan pengumpulan poin 20 dari 11 kali pertandingan, yakni, menggeser Persepura Jayapura.

Barito Putera berhasil meraih poin sempurna di kandang lewat gol yang dibuat Dandy Maulana dimenit ke-23 dan Paulo Sitanggang pada menit ke-62.

Sementara itu, Persija baru dapat memperkecil ketinggalan pada menit ke-90+3 lewat eksekusi fenalti yang dilakukan Marko Simic.

Barito Putera berhasil mengukir gol pertamanya lewat kaki Dandy Maulana setelah menerima umpan bola mati yang dilakukan Rizky Rizaldi Pora.

Dandy Maulana yang berdiri di sayap kiri pertahanan lawan berhasil meloloskan dari penjagaan bek musuh, bola yang mengarah kepadanya langsung disambutnya dengan tendangan poli keras, hingga tidak dapat dijangkau kiper Persija Jakarta Daryono.

Kreasi gol kedua Barito Putera tidak jauh beda cantiknya dengan gol pertama, yakni, yang dilakukan Paulo Sitanggang pada menit ke-62, yakni, menerima assist dari Dandy Maulana dengan sebuah tendangan poli keras.

Persija Jakarta yang ketinggalan 2-0 coba melakukan strategi perombakan pemain, salah satunya memasukkan pemain asal Papua, yakni, Frengki Kogoya.

Hasilnya, kelincahan pemain mungil Persija ini membuahkan hasil, yakni, pada ujung laga saat di dalam kotak finalti harus dijatuhkan bek Barito Putera Hansamu Yama, hingga diganjar hadiah fenalti oleh wasit, di mana Marco Simic berhasil menunaikan tugasnya.

Pelatih Persija Jakarta Alessandro Stefano Cugurra menyatakan, timnya mengakui kekalahan dengan Barito Putera.

“Kita akan tetap semangat untuk menyongsong pertandingan akan datang,” paparnya.

Sementara itu, Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago menyatakan apresiasinya terhadap anak-anak asuhnya yang bisa mengalahkan tim sekuat Persija Jakarta.

Bagi dia, kemenangan ini hasil usaha keras dilakukan pemainnya untuk bisa memuncaki klasemen sementara.

“Semangat sporter dan ingin menuju juara menjadi keberhasil tim kita mengalahkan Persija Jakarta, tugas kita selanjutnya menjaga hasil positif ini dilaga kedepan,” pungkasnya.(ant)