JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Calon wakil presiden (Cawapres) merangkap Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengungkapkan Koalisi Partai Pendukung Calon Presiden Joko Widodo sepakat akan memilih calon presiden pendukung pendamping Jokowi mengambil dari partai politik.

“Semua partai politik sepakat wapres harus dari partai. Tinggal silakan mengajukan yang terbaik untuk kemajuan indonesia dan keperluan elektoral,” sebut Muhaimin Iskandar pada acara buka bersama “Parlemen Mengaji” sekaligus khatam Al Quran di Jakarta, Selasa (29/5) kemarin.

Menurut Muhaimin, yang akrab disapa Cak Imin, semua parpol pendukung Presiden Jokowi berpeluang menjadi cawapres. Hanya tinggal Presiden Jokowi melihat yang terbaik dari segi elektoral dan untuk kemajuan Indonesia.

Menurut Muhaimin, yang akrab disapa Cak Imin, semua parpol pendukung Presiden Jokowi berpeluang menjadi cawapres. Hanya tinggal Presiden Jokowi melihat yang terbaik dari segi elektoral dan untuk kemajuan Indonesia. Ia memastikan setelah Pilkada Serentak pada 27 Juni dihelat atau sebelum tanggal 4 Agustus mendatang kepastian soal cawapres Jokowi akan diperoleh.

Cak Imin mengklaim dari sisi suara elektroal, PKB lebih tinggi dibandingkan dengan Golkar kalau capresnya Jokowi. Namun kekuatan elektroral PKB itu masih di bawah PDIP. “Parpol itu alamatnya jelas, jelas pula tanggung jawab dan ideologinya. Kalau cawapres bukan dari parpol, itu namanya alamat pribadi,” ujarnya.

Sementara itu, Cawapres yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengklaim, partai politik koalisi pendukung Joko Widodo saat ini sudah cukup kuat dan solid untuk membantu Jokowi memenangi Pilpres 2019. “Memang strukturnya kini sudah terbentuk cukup kuat. Kalau lebih banyak pendukung lebih baik tapi tak perlu dipaksakan,” kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, saat ini partai-partai yang telah menyatakan mendukung Jokowi di Pilpres 2019 terus menjalin komunikasi dengan partai lain yang belum menyatakan dukungannya. Dia memperkirakan akan ada satu atau dua partai lagi yang akan menyatakan dukungan bagi Jokowi. “Ya mungkin satu atau dua partai lagi (akan menyatakan dukungan),” katanya.

Sejauh ini sejumlah partai politik yang telah menyatakan dukungan bagi Jokowi di Pilpres 2019 yakni Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem, PPP, Hanura, PKPI, Perindo dan PSI. (har)