London ( Bisnis Jakarta ) – Pemain Manchester United Jese Lingard akan tampil sebagai pemain inti untuk Inggris pada pertandingan persahabatan melawan Nigeria pada Sabtu di Stadion Wembley, dan pelatih Gareth Southgate yakin tidak ada alasan mengapa dirinya tidak dapat bermain bersama Dele Alli.

Lingard, yang kerap beroperasi sebagai gelandang serang, menyumbang 13 gol untuk United musim lalu di semua kompetisi — musim paling produktifnya sejauh ini di Old Trafford.

Ketika banyak pengamat meyakini bahwa pemain 25 tahun itu bersaing untuk mendapatkan spot yang sama di timnas Inggris sebagaimana Alli, Southgate mengatakan hal itu tidak terjadi.

“Saya tidak melihatnya sebagai persaingan langsung antara individu manapun, tentu saja mereka dapat bermain bersama,” kata Southgate pada konferensi pers menjelang pertandingan di Wembley.

“Semua pemain menyerang kami memiliki atribut-atribut atau kekuatan yang berbeda. Jesse merupakan pemain fantastis terkait ruang, bekerja saat jauh dari bola, penghubung hebat antara gelandang dan serangan,” ucapnya.

Namun Southgate tidak memberi sinyal mengenai siapa yang akan menjaga gawang Inggris di mana Jack Butland, Jordan Pickford, dan Nick Pope merupakan tiga kiper yang masuk dalam skuad Piala Dunia.

“Kami tahu apa yang ingin kami lihat di area itu dan sudah jelas apa yang kami pikirkan. Saya tidak perlu berbicara terlalu banyak di depan publik,” tutur Southgate.

“Saya telah mengatakan kepada para pemain apa yang kami inginkan untuk dua pertandingan ini dan belum mengatakan kepada mereka sebagai tim.” Southgate menambahi bahwa bek tengah United Phil Jones akan absen pada pertandingan melawan Nigeria setelah ia diiizinkan meninggalkan kamp latihan karena kekasihnya akan melahirkan.

Banyak perhatian media di Inggris terfokus pada tato baru penyerang Raheem Sterling yang memperlihatkan senapan serbu, dan disebut sebagai hal yang “mengganggu” oleh para aktivis anti senjata.

Sterling mengatakan tato itu memiliki “makna mendalam” serta menambahi bahwa ia “tidak akan pernah menyentuh pistol dalam hidupnya” dan Southgate membela sang pemain.

“Tato-tato sangat pribadi. Banyak pemain kami yang memiliki tato dan mereka menyimpan banyak cerita yang dalam. Saya tidak melihat mengapa kami semestinya terlibat dalam pengaturan hal itu,” kata sang pelatih.

Tim Tiga Singa akan memulai perjalanan mereka di Piala Dunia di Rusia dengan menghadapi Tunisia pada 18 Juni, dan juga bermain melawan Panama dan Belgia di Grup G.(ant)