Nice ( Bisnis Jakarta ) – Prancis memperlihatkan kekuatan senjata serangan-serangannya ketika mereka meneruskan persiapan-persiapan untuk Piala Dunia dengan penampilan meyakinkan, menang 3-1 atas Italia pada pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Jumat.

Pertandingan kedua Roberto Mancini mengarsiteki Italia, yang tidak lolos ke Piala Dunia, memberikan tantangan yang cukup di mana Mario Balotelli terlihat berbahaya di lapangan yang merupakan kandang klubnya, Nice.

“Les Bleus,” yang akan bertemu Australia, Peru, dan Denmark di Grup C di Rusia bulan ini, meraih kemenangan berkat gol-gol yang dibukukan Samuel Umtiti, Antoine Griezmann, dan Ousmane Dembele.

Empat hari setelah menang 2-0 atas Irlandia di Paris, Prancis menghadapi lawan yang lebih tangguh namun ketajaman mereka menjadi pembeda, bahkan meski pelatih Didier Deschamps melakukan tujuh perubahan terhadap tim.

Paul Pogba tampil sejak awal di lini tengah namun ia bermain di bawah kemampuan terbaiknya, yang berarti pemain Manchester United yang tidak konsisten itu berpeluang kehilangan tempatnya di tim inti yang diambil Corentin Tolisso.

Prancis membuka keunggulan pada menit kedelapan ketika tembakan Kylian Mbappe ditepis Salvatore Sirigu ke arah pergerakan Umtiti, yang memasukkan bola dari jarak dekat.

N’Golo Kante hampir menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-20, namun tembakannya dari jarak 20 meter membentur tiang gawang.

“Les Bleus” mendapatkan penalti karena pelanggaran Rolando Mandragora terhadap Lucas Hernandez, yang sukses dikonversi Griezmann pada menit ke-29.

Pasukan Deschamps mengendurkan tekanan mereka ketika kiper Hugo Lloris gagal menangkap tendangan bebas Balotelli, dan bek Leonardo Bonucci mampu meneruskannya untuk menjadi gol pada menit ke-36.

Prancis merespon dan setelah serangan balik cepat, tembakan Dembele membentur mistar gawang. Itu hanya merupakan gladi resik terhadap pergerakan serupa setelah turun minum, ketika penyerang Barcelona itu kali ini melepaskan tembakan melengkung ke sudut atas gawang.

Salvatore Sirigu mencegah Italia menelan hasil yang lebih pahit ketika ia menepis sepakan voli pemain pengganti Florian Thauvin lima menit sebelum pertandingan usai.

Prancis akan menyelesaikan persiapan-persiapan mereka untuk Piala Dunia dengan memainkan pertandingan persahabatan melawan AS di Lyon pada 9 Juni.(ant)