Villarreal ( Bisnis Jakarta ) – Kiper Spanyol David de gea melakukan kesalahan langka yang membuat timnya harus bermain imbang 1-1 dengan Swiss pada pertandingan persahabatan pra-Piala Dunia pada Minggu, setelah mendominasi permainan tanpa mampu memaksimalkannya.

Bek kanan Real Sociedad Alvaro Odriozola mencetak gol internasional perdananya melalui sepakan voli untuk membawa juara Piala Dunia 2010 itu memimpin pada menit ke-29 di Stadion La Ceramica Villarreal, menyusul start dominan.

Bek Swiss Ricardo Rodriguez memasukkan bola ke gawang yang kosong untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-62 setelah kecerobohan yang dilakukan kiper Manchester United De Gea, yang gagal menangkap tembakan lemah dari pemain Juventus Stephan Lichtsteiner.

Pelatih Spanyol Julen Lopetegui memulai pertandingan tanpa seorang pun pemain yang membantu Real Madrid memenangi final Liga Champions melawan Liverpool pada akhir pekan silam, sedangkan gelandang bertahan Barcelona Sergio Busquets absen bermain karena sakit perut.

Pasukan Lopetegui menguasai 2/3 penguasaan bola dan terlihat mengendalikan permainan sampai kesalahan yang dilakukan De Gea, meski mereka kurang dinamis dan jauh dari penampilan tanpa belas kasih saat menghancurkan Argentina dengan skor 6-1 pada pertandingan terakhir mereka.

Gelandang veteran Andres Iniesta mengatur permainan untuk Spanyol pada penampilan terakhirnya di negaranya sebelum ia diperkirakan pensiun dari sepak bola internasional, namun ia digantikan pada awal babak kedua sebagai langkah antisipasi setelah lututnya terkena hantaman.

Tuan rumah awalnya kehilangan momentum setelah Iniesta meninggalkan lapangan namun mereka menyelesaikan pertandingan dengan baik, dan pemain pengganti Nacho dua kali hampir mencetak gol penentu kemenangan, sepakannya mengenai tiang gawang dan kemudian tandukannya melebar.

Spanyol akan berangkat ke markas Piala Dunia mereka di Krasnodar pekan depan dan akan memainkan pertandingan pemanasan terakhir mereka di kota Rusia itu melawan Tunisia pada Sabtu, sebelum bertemu juara Eropa Portugal pada pertandingan pembukaan Grup B di Sochi pada 15 Juni.

Swiss akan menjamu Jepang pada Jumat, kemudian bertemu juara dunia lima kali Brazil pada pertandingan pertama mereka di turnamen akbar di Grup E pada 17 Juni di Rostov.(ant)