San Jose ( Bisnis Jakarta ) – Dua gol tandukan kepala dari tendangan sudut dan sepakan dari Joel Campbell membawa Kosta Rika menang 3-0 atas Irlandia Utara pada Minggu, untuk mendongkrak semangat negara Amerika Tengah itu menjelang Piala Dunia.

Kosta Rika hanya memenangi dua dari sembilan pertandingan sebelum Minggu namun mereka jauh terlalu bagus bagi Irlandia Utara, yang mengukir sejarah dengan memainkan dua saudara kandung ketika Ryan dan Connor McLaughlin bergabung dengan Jonny dan Corry Evans sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Johan Venegas Ulloa membuka gol untuk tuan rumah pada menit ke-30 ketika ia mengambil keuntungan dari rapuhnya pertahanan dari tendangan sudut untuk menanduk bola dari jarak dekat.

Campbell menggandakan keunggulan mereka beberapa detik setelah babak kedua dimulai, dan kemudian Francisco Calvo mengemas gol ketiga, juga melalui tendangan sudut, pada menit ke-66.

Kosta Rika, yang mencapai perempat final Piala Dunia empat tahun silam sebelum kalah dari Belanda melalui adu penalti, akan menghadapi Brazil, Serbia, dan Swiss di Grup E turnamen akbar tahun ini.

Mereka akan menghadapi Belgia di Brussel pada pertandingan pemanasan terakhir mereka pada 11 Juni.(ant)