JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan laman www.ayojalanjalan.com kembali mengajak masyarakat untuk aktif memilih nominator destinasi terbaik Indonesia. Pilihan publik itu akan diapresiasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) III 2018.

Bali sendiri menempatkan lima destinasi serta satu minuman tradisional masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia. Lima destinasi tersebut adalah Diving Pulau Menjangan untuk katagori wisata air terpopuler, Lukisan Kamasan untuk katagori cendera mata terpupuler, Desa Nyambu untuk katagori ekowisata terpopuler, Batur Natural Hotspring untuk katagori objek wisata unik terpopuler, Bali Agung Theater untuk katagori wisata kreatif terpopuler, dan Loloh Cemcem untuk katagori minuman tradisional terpopuler.

Pemungutan suara berlangsung  hingga Oktober 2018. Pemberian penghargaan pada malam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia yang rencananya digelar pada November 2018. “Saat ini pemungutan suara sudah dibuka, dan masyarakat dipersilahkan untuk memberikan suara dukungan terhadap destinasi pariwisata kebanggaannya,” kata Ketua Penyelenggara API 2018 Nanda Satria Azwar saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (5/6).

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Prof. Gde Pitana menghargai peran swasta yang membuat penghargaan untuk destinasi wisata terbaik versi publik, melalui media daring. “Silakan saja. Semakin banyak melibatkan publik, dalam membuat penilaian destinasi, maka akan memacu destinasi untuk menjaga dan membangun reputasinya menjadi yang terbaik,” kata Pitana.

Sementara Senior Head Corporate Comminication PT Sriwijaya air Group Agus Soedjono mengapresiasi kegiatan Anugrah Pesona Indonesia, karena dari ajang inilah Sriwijaya Group bisa menilai mana destinasi favorit masyarakat. Ia mencontohkan banyak destinasi baru yang menempatkan Sriwijaya membuka rute baru, seperti Jakarta-Malang, Jakarta-Banyuwangi, dan Jakarta-Lubuklinggau. “Rute-rute tersebut tingkat keterisiannya cukup tinggi  rata-rata diatas 80 persen,” kata Agus. (son)