Roma ( Bisnis Jakarta ) – UEFA memberi hukuman pada penjaga gawang Gianluigi Buffon skorsing tiga pertandingan karena komentar yang dia buat tentang wasit setelah Juventus kalah di perempat final Liga Champions musim lalu, demikian Badan Sepak Bola Eropa menyatakan pada Selasa.

Buffon sangat marah dengan keputusan wasit Michael Oliver yang memberi penalti kepada Real Madrid pada menit akhir saat pertandingan leg kedua di Bernabeu dan kehilangan kendali, berteriak dan mendorong wasit asal Inggris itu sehingga ia mendapatkan kartu merah.

Cristiano Ronaldo mengkonversi tendangan penalti dan kekalahan Real dalam pertandingan sebelumnya dengan skor 3-1 berbalik menjadi kemenangan 4-3 secara agregat.

“Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA telah memutuskan untuk menangguhkan kiper Juventus Gianluigi Buffon untuk tiga pertandingan kompetisi UEFA yang mana dia memenuhi syarat,” kata UEFA dalam sebuah pernyataan di situsnya https://www.uefa.com/insideuefa/disciplinary/index.html.

Buffon yang berusia 40 tahun meninggalkan Juventus setelah 17 musim di klub, mengkritik Oliver setelah pertandingan dengan mengatakan bahwa wasit telah keluar dari jalur, seharusnya dia berada di tribun makan keripik dan seharusnya pula memiliki tempat sampah untuk hatinya.(ant)