Gudang KPU Depok Dijaga Ketat

DEPOK (Bisnis Jakarta) – Tak kurang dari 1.186.000 logistik surat suara telah berada di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok yang berada di Jalan Agus Salim Kp. Sidamukti RT 04/ RW 21, Sukamaju, Cilodong Depok. Kini pengawalan dan penjagaan surat suara dari Polresta Depok bakal diperketat hingga menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Jawa Barat 27 Juni mendatang.

“Logistik surat suara yang telah tiba yaitu sebanyak 593 dus, setiap dus berisi 2.000 surat suara sehingga total keseluruhan 1.186.000 surat suara. Jumlah tersebut terdiri dari 1.155.477 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sudah termasuk surat suara cadangan 2,5 persen atau sebanyak 30.523 lembar,” jelasnya Komisioner KPU Kota Depok, Nana Shobarna, Sabtu (02/06).

Selain itu, sebelum dilakukan pengiriman ke gudang KPU, pihaknya bersama Polresta Depok terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap surat suara tersebut. Hal tersebut untuk memastikan keadaan serta jumlah surat suara yang akan dikirim dalam kondisi baik dan benar. “Dengan menggunakan pengawalan dari tim Sabhara Polresta Depok, pengiriman surat suara tersebut dilakukan dengan menggunakan dua unit truk. Proses pengiriman dilakukan sejak pukul 11.43 wib dan tiba di gudang KPU Kota Depok pada pukul 13.20 wib,” katanya.

Pihaknya mengaku, nantinya setelah berada di gudang KPU Kota Depok bakal dilakukan proses pelipatan dan penyortiran surat suara pada Senin, (04/06) dengan melibatkan 150 pekerja. Dirinya berharap kegiatan pelipatan dan penyortiran nantinya dapat dilaksanakan dengan lancar dan sesuai rencana serta seluruh surat suara tersebut dalam keadaan baik.

“Sementara untuk pendistribusian surat suara ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan mulai dilakukan tanggal 19-23 Juni nanti,” ungkapnya. (jif)