Moskow ( Bisnis Jakarta ) – Tuan rumah Piala Dunia Rusia menyia-nyiakan keunggulan untuk bermain imbang 1-1 dengan Turki di Moskow pada Selasa, memperpanjang laju tanpa kemenangan mereka menjadi tujuh pertandingan pada laga persahabatan terakhir mereka sebelum turnamen akbar dimulai pekan depan.

Pasukan Stanislav Cherchesov unggul terlebih dahulu pada menit ke-36 ketika pemain Spartak Moscow Alexander Samedov mencungkil bola melewati kiper Turki Serkan Kirintili setelah Alan Dzagoev memberinya umpan di kotak penalti.

Bagaimanapun, gol itu tidak cukup untuk memberikan kemenangan yang diperlukan bagi Rusia menjelang pertandingan pembukaan Piala Dunia mereka melawan Arab Saudi pada 14 Juni.

Pemain pengganti Turk Yunus Malli, yang bermain di VfL Wolfsburg, menyamakan kedudukan pada menit ke-60, menaklukkan kiperveteran Igor Akinfeev melalui sepakan dari jarak 25 meter, salah satu dari sedikit peluang yang dimiliki Turki pada pertandingan ini.

Meski pengatur serangan 22 tahun Alexander Golovin dan pemain Spartak Moscow Roman Zobnin tampil enerjik pada babak pertama, tim itu kesulitan menghubungkannya dengan penyerang Fedor Smolov dan gagal menciptakan peluang.

Turki, yang tidak lolos ke Piala Dunia, hampir menambahi gol kedua pada menit ke-79 ketika tembakan Malli melambung di atas mistar gawang.

Rusia menghuni posisi ke-66 dalam daftar peringkat FIFA, tim peringkat kedua terendah di turnamen yang diikuti 32 negara. Mereka belum pernah mencapai fase gugur Piala Dunia setelah Uni Soviet bubar.

Mereka akan berhadapan dengan Arab Saudi, Uruguay, dan Mesir di Grup A Piala Dunia.(ant)