Brussel ( Bisnis Jakarta ) – Belgia membuktikan ketangguhannya dalam pertandingan pemanasan menjelang Piala Dunia atas Mesir dengan kemenangan meyakinkan 3-0 di Brussel, Belgia, Rabu.

Namun demikian pertandingan itu masih menyimpan keraguan untuk lini pertahanan tuan rumah setelah Vincent Kompany, yang menjadi salah satu andalan bertahan, sedang cedera.

Mempercayakan barisan pertahanan hanya kepada tiga pemain, Belgia menunjukkan keunggulan di lini depan ketimbang saat laga tanpa gol di kandang sendiri pada Sabtu melawan Portugal.

Romelu Lukaku, yang difavoritkan sebagai striker utama ketimbang Michy Batshuayi, menggebrak gawang lawan dari jarak dekat pada menit ke-27 ketika kiper Mesir berusia 45 tahun, Essam El-Hadary, menepis sepakan Eden Hazard.

Hazard, gelandang Chelsea, kemudian membuat keunggulan menjadi 2-0 pada 11 menit kemudian setelah Yannick Carrasco memotong bola dari garis gawang.

Batshuayi, yang menggantikan Lukaku, mengumpan pada Marouane Fellaini untuk gol terakhir pada menit-menit akhir untuk menyelesaikan pertandingan keenam beruntun tanpa kemenangan bagi Mesir.

Pelatih Belgia Roberto Martinez melakukan uji coba dengan memasukkan Laurent Ciman menggantikan kapten bernomor punggung empat, Kompany, dan mempertahankannya selama 90 menit. Ciman secara resmi hanya ada dalam daftar pemain cadangan untuk Rusia jika pemain Manchester City, atau mungkin Barcelona Thomas Vermaelen cedera.

“Masuk akal bahwa dia berdiri di posisi di mana dia menunggu apa yang akan terjadi,” kata Martinez, menggambarkan Ciman sebagai pemain cadangan yang baik untuk menggantikan bek cedera.

Belgia akan menyelesaikan pertandingan pemanasan mereka dengan pertandingan kandang lain, melawan Kosta Rika, Senin depan setelah itu Martinez harus memutuskan skuad dengan 23 pemain terakhirnya untuk Piala Dunia Rusia.

Mesir kehilangan striker Liverpool yang mengalami cedera Mohamed Salah. Kiper Belgia yang jarang mendapatkan tekanan Thibaut Courtois, meskipun gelandang Trezeguet sempat memaksa Courtois melakukan penyelamatan satu menit setelah masuk menggantikan Marwan Mohsen di babak kedua.

Mesir akan memulai laga Piala Dunia mereka melawan Uruguay di Rusia Jumat depan.(ant)