Sukabumi ( Bisnis Jakarta ) – Hanya dalam kurun empat hari terhitung dari 1-4 juni 2018 kiriman uang tenaga kerja Indoneia (TKI) ke keluarganya di Sukabumi, Jawa Barat melalui jasa Kantor Pos Sukabumi mencapai Rp17 miliar.

“Mendekati Idul Fitri pengiriman uang dari luar negeri khususnya TKI melonjak drastis, bahkan hanya empat hari saja sudah mencapai belasan Rp17 miliar,” kata Manager Penjualan dan Pengembangan Outlet Kantor Pos Sukabumi Munandar Januardhy di Sukabumi, Kamis.

Menurut dia, sudah menjadi kebiasaan TKI mendekati lebaran selalu mengirim uang dalam jumlah besar ke keluarganya yang ada di tanah air. Untuk melayani pengambilan uang di jasa Western Union (WU) pihaknya menambah beberapa outlet.

Selain itu, untuk pelayanan pengambilan uang kiriman TKI saat ini sudah bisa diambil di outlet yang ada di kantor cabang seperti yang ada di wilayah selatan dan utara Kabupaten Sukabumi.

Tidak menutup kemungkinan kiriman uang TKI akan terus bertambah hingga Idul Fitri. Bahkan, pihaknya pun menambah waktu pelayanan khusus pada bulan suci ini.

“Sejak awal Juni sudah ada sekitar 4.000 transaksi pengambilan uang melalui WU yang ada di kantor pos. Bahkan warga yang mengambil uang terus bertambah seiring pengiriman uang TKI melonjak,” tambahnya.

Sementara, Kepala Kantor Pos Sukabumi Ilham Permoni mengatakan dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, kiriman uang TKI meningkat sekitar 10 persen. Mayoritas TKI yang mengirim uangnya ke keluarganya di Sukabumi berasal dari timur tengah dan sebagian dari negara di Asia.

“Warga yang mengambil uang kiriman dari jasa WU tersebut sama sekali tidak ada potongan alias gratis. Jika ada oknum Kantor Pos yang melakukan pungutan langsung laporkan ke kami,” katanya.(ant)