London ( Bisnis Jakarta ) – Federasi Tinju Internasional (IBF) telah melucuti gelar kelas menengah Gennady Golovkin setelah dia gagal menyiapkan pertandingan wajib melawan petinju Ukraina Sergiy Derevyanchenko.

Golovkin dijadwalkan melakukan pertandingan ulang melawan penantang wajib WBC dia Saul ‘Canelo’ Alvarez pada 5 Mei, namun petinju asal Meksiko itu mundur dari pertarungan setelah dihukum oleh Komisi Atlet Negara bagian Nevada pada April lalu.

Golovkin, yang memegang gelar IBF sejak Oktober 2015, mempertahankan sabuk WBA, WBC dan IBO melawan Vanes Martirosyan, menyatakan dalam sebuah pertarungan bahwa itu bukan sanksi oleh IBF.

Pertarungan penantang wajib IBF berikutnya sedang dalam perputaran dan dibahas dalam peraturan organisasi dalam sebuah pertemuan pada 22 Mei dan Golovkin mempunyai waktu hingga 6 Juni untuk menyetujui pertarungan dengan Derevyanchenko.

“Setelah tinjauan panjang dan periode musyawarah, Federasi Tinju Internasional melowongkan gelar kelas menengah IBF yang dipegang Gennady Golovkin,” kata IBF dalam sebuah pernyataan pada Rabu.(ant)