Montreal ( Bisnis Jakarta ) – Mercedes menunda pengenalan “upgrade” unit daya yang akan digunakannya sampai setelah Grand Prix Formula Satu Kanada akhir pekan ini karena “masalah kualitas”, juara dunia Formula Satu mengatakan pada Rabu.

Keputusan itu juga memengaruhi Williams dan Force India serta tim kerja mereka.

“Semua mobil bertenaga Mercedes akan menjalankan PU1 (spesifikasi yang digunakan sejak awal musim) untuk akhir pekan ini, juga sebelum menerima unit baru di Prancis,” kata juru bicara tim.

Mercedes memimpin di dua kejuaraan setelah melewati enam seri balapan, dengan Lewis Hamilton terpaut 14 poin dari pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Kanada menjadi salah satu sirkuit favorit Hamilton, di mana ia meraih kemenangan grand prix pertamanya pada tahun 2007 dan ia juga telah memenangi posisi start terdepan (pole position) sebanyak enam kali.

Jika juara dunia empat kali menang lagi pada hari Minggu ia akan menyamai rekor Michael Schumacher dengan tujuh kemenangan di Montreal.

Renault, yang memasok tim mereka sendiri serta McLaren dan Red Bull, dan mitra Toro Rosso, Honda berencana untuk membawa unit daya yang telah ditingkatkan ke Kanada.

Bos tim Mercedes Toto Wolff mengatakan pada awal minggu bahwa Mercedes berencana untuk memperkenalkan unit daya terjadwal mereka di Montreal dan “berusaha keras untuk membawa lebih banyak kinerja ke mobil sesegera mungkin.” Berdasarkan peraturan 2018, pengemudi hanya diperbolehkan meningkatkan tiga unit daya per musim.

Mercedes merupakan rival terdekat Ferrari dan Red Bull yang masing-masing telah memenangkan dua seri balapan sejauh ini.(ant)