DEPOK (Bisnis Jakarta) – Di libur lebaran 2018 mendatang, beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas di Depok diklaim tetap beroperasi. Salah satunya UPT Cimanggis yang memiliki pelayanan kesehatan 24 jam. Pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum dan pelayanan gawat darurat serta pelayanan bersalin kepada warga.

“Tidak ada libur untuk pelayanan kesehatan. Selain itu, pelayanan farmasi, laboratorium dan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (Poned) juga berjalan seperti biasa selama 24 jam,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis, Umi Zakiati.

Namun, untuk layanan konseling, seperti program gizi, HIV AIDS dan layanan lainnya bakal aktif kembali setelah lebaran. Untuk memaksimalkan berbagai pelayanan tersebut, Puskesmas Cimanggis akan menugaskan satu dokter dan dua perawat untuk bersiaga selama lebaran.

Selain itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok juga menyiapkan posko kesehatan selama arus mudik lebaran 2018. Keberadaan fasilitas kesehatan tersebut akan tersebar di sembilan titik posko keamanan yang digelar Polresta Depok. Posko Kesehatan tersebut berada di Pintu Tol Cijago, Simpangan Depok, Margo City, Parung Bingung, Pertigaan Jalan Bojong Sari Raya, Dinasti Cinere, serta Simpang Cibubur.

Kepala Dinkes Kota Depok Noerzamanti Lies Karmawati mengaku mulai bersiaga pada 8- 22 Juni 2018. Dalam pelaksanaannya, pihaknya akan mengerahkan sejumlah personel terdiri dari dokter, perawat, dan sopir mobil ambulans. Untuk itu pihaknya menghimbau bagi penumpang atau warga yang melakukan perjalanan jauh dapat mendatangi posko kesehatan atau datang langsung ke puskesmas yang bersiaga selama 24 jam.

“Di setiap posko akan ada ambulans yang berjaga jika terjadi hal-hal yang membutuhkan penanganan khusus.” jelasnya. (jif)