JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Indonesia dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Lightning Production serta para pendukung utama perhelatan dunia MXGP Motocross Word Championship 2018 yaitu Sriwijaya Air Group bersiap-siap untuk menggelar event MXGP Motocross Word Championship 2018 yang akan digelar dua seri sekaligus di Indonesia. Untuk seri pertama akan digelar di Pangkal Pinang, 29 Juni – 1 Juli 2018 dan seri kedua di Semarang, 6-8 Juli 2018.

MXGP Motocross World Championship 2018 adalah kejuaraan dunia motocross di bawah naungan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) yang menggabungkan lompatan besar, gelombang dan sektor catatan waktu dan mencakup setiap karateristik, mulai dari kuno hingga modern.

Dalam 20 seri ini, para kroser akan diuji ketangguhannya pada segala medan. Mulai dari pasir jurang seperti Belgia dan Belanda, lalu melewati tanah liat keras Perancis, dan bahkan tanah vulkanik Argentina.

Semua kroser dituntut gesit dan memiliki kemampuan kuat untuk beradaptasi, terutama ketika balapan di trek yang dipengaruhi kondisi cuaca. Kalender 2018 akan terdiri dari 20 seri balap, di mana para kroser akan balapan mulai dari Timur Tengah ke Asia, Amerika Selatan, Amerika Serikat (AS), dan empat negara di Eropa.

Semarang sebagai salah satu tuan rumah satu seri MXGP musim 2018 telah melakukan serangkaian persiapan diantaranya persiapan sirkuit di Bukit Semarang Baru (BSB), Mijen. Pembangunan sirkuit saat ini telah rampung dan sudah bisa digunakan oleh pembalap mancanegara untuk berlatih.

Sementara itu persiapan sirkuit MXGP di GOR Sahabudin Pangkalpinang dengan luasan 27 hektar juga telah dimulai pada April lalu, dan hingga saat ini masih terus dipersiapkan menjelang waktu pelaksanaan pada 30 Juni-1 Juli mendatang.

Untuk dapat menyaksikan secara langsung aksi para kroser dunia itu, maskapai penerbangan nasional Sriwijaya Air Group mendukung penuh gelaran kejuaraan dunia motocross sebagai official airlines MXGP Indonesia 2018 untuk menyaksikan secara langsung atraksi memukau dari para kroser dunia.

Sriwijaya Air Group akan mengakomodasi peningkatan penumpang selama event MXGP Indonesia 2018 dan menambah jumlah penerbangan ke Semarang dan Pangkalpinang sesuai kebutuhan event.

A. Judiarto, PT Arena Sirkuit Internasional, yang ditunjuk menjadi event organizer oleh Youthstream dan IMI (Ikatan Motor Indonesia) untuk menyelenggarakan kedua seri Kejuaraan Dunia MXGP di Indonesia menjelaskan, Persiapan gelaran MXGP 2018 telah berlangsung 70%. Baik di Sirkuit Pangkal Pinang dan Semarang telah dipersiapkan sebaik mungkin untuk menyambut gelaran bergengsi ini.

Judiarta berharap dukungan semua lapisan masyarakat agar kegiatan internasional motocross ini dapat berlangsung sukses dan lancar, karena kesuksesan acara MXGP 2018 di Indonesia ini dapat menjadi parameter Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata otomotif bertaraf internasional. (son)