Paris ( Bisnis Jakarta ) – Pelatih New York City FC Patrick Vieira telah meninggalkan posisinya untuk bergabung dengan klub Liga Prancis Nice, kata kedua tim pada Senin.

Mantan kapten Arsenal dan timnas Prancis itu, yang mulai menjadi pelatih di klub Liga AS tersebut pada 2016, akan menggantikan Lucien Favre di Nice, setelah pelatih asal Swiss itu bergabung dengan klub Liga Jerman Borussia Dortmund bulan lalu.

Nice mengamankan finis di peringkat kedelapan pada musim lalu, gagal mendapatkan tiket ke Liga Europa karena kurang satu poin.

“Meninggalkan New York merupakan keputusan yang sangat sulit bagi saya dan keluarga saya, dan bukan keputusan yang diambil dengan mudah,” kata pria 41 tahun itu kepada situs resmi New York City FC.

Vieira pensiun di Manchester City pada 2011 dan memulai karier kepelatihannya di tim junior City sebelum bergabung dengan New York, dan memimpin mereka untuk tampil di playoff secara berturut-turut.

“Nice mencari pealtih dengan kemampuan untuk terus memproduksi sepak bola atraktif, untuk menggunakan pemain-pemain muda dengan mengambil risiko untuk membantu mereka tumbuh, dan seseorang yang hidup dan bernafas untuk menang,” kata presiden klub Jean-Pierre Rivere kepada laman resmi klub.

“Pelatih ini dipanggil Patrick Vieira…” Pria Prancis ini telah 107 kali membela negaranya dan merupakan bagian dari timnas yang menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa dua tahun kemudian.

Asisten pelatih Vieira Christian Lattanzio, pelatih performa Kristian Wilson, dan pelatih fisik Matt Cook di New York akan mengikuti pria Prancis itu untuk pindah ke Nice.

Asisten manajer Pep Guardiola di Manchester City, Domenec Torrent, telah meninggalkan klub juara Liga Inggris itu untuk menjadi pelatih kepala yang baru di New York sampai akhir musim 2020.

“Meski saya menikmati 11 tahun yang indah bekerja bersama kolega dan teman dekat saya Pep Guardiola — selalu menjadi ambisi saya untuk kembali menangani tim dan saya benar-benar tidak pernah mengharapkan peluang yang lebih baik dibandingkan klub sepak bola ini,” kata Torrent.

New York saat ini menghuni peringkat kedua Wilayah Timur Liga AS.

Torrent sebelumnya pernah melatih klub Italia Girona FC, dan merupakan asisten Guardiola di Barcelona FC dan Bayern Munich.(ant)