JAKARTA (Bisnis Jakarta/Antara) – Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) TNI Moeldoko menilai Piala Dunia 2018 di Rusia akan memberikan dampak positif terhadap suatu organisasi sepak bola di setiap negara, termasuk di Tanah Air.

Mantan Panglima TNI ini, di Jakarta, Minggu (17/6), menilai sepak bola Indonesia selayaknya berkaca dan menjadikan pehelatan Piala Dunia contoh bagi pembenahan sepak bola, baik bagi pesepakbolanya maupun penggiatnya.

“Dulu sempat mau pimpin PSSI berencana memperbaiki kultur dan pengelolaan pada organisasi PSSI yang jelek,” kata Moeldoko yang pernah mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Mantan jenderal bintang empat tersebut mengaku trenyuh dengan budaya dan sistem pengelolaan di tubuh PSSI yang waktu itu sempat menunjukkan berbagai hal yang tidak baik, seperti terjadi praktik suap dan minimnya perhatian kepada pemain.

“Saya pernah ngomong kalau pendekatan pidana jangan main-main,” ujar Moeldoko menyoal sinyalemen suap yang dulu kerap mengemuka.

Moeldoko menceritakan niat dan tujuan mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI waktu itu, untuk memperbaiki sehingga diharapkan dengan dukungan karakter yang sudah terbangun maka akan memunculkan prestasi karena ia yakin di negara yang besar ini banyak talenta sepakbola yang mumpuni, dan bisa diasah ke level lebih tinggi.

“Sebenarnya Indonesia memiliki potensi dari sisi sumber daya manusia yang dapat dioptimalkan untuk membentuk tim nasional sepakbola yang berkualitas,” kata penggemar penyerang Persija Bambang Pamungkas itu. (grd)