DENPASAR (Bisnis Jakarta) – Bali United FC akan mengawali kiprahnya di turnamen Piala Indonesia 2018 pada 2 Juli. Sesuai jadwal, Tim Serdadu Tridatu akan menantang klub Liga 3, PS Sumbawa Barat di Stadion Gelora 17 Desember, Mataram. Dalam jadwal yang dikirimkan pihak PSSI, tim Serdadu Tridatu akan melakoni pertandingan pada sore hari yaitu pada pukul 16.00 WITA.

Dalam drawing yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, Bali United berada di zona 12 bersama tujuh tim lainnya. Tujuh tim tersebut yaitu antara lain PS Sumbawa Barat, Persewangi Banyuwangi, Perse Ende, PSKT Sumbawa Barat, Persigo Semeru FC, PS Badung Bali, dan Persekaba Bali.

Piala Indonesia akan menggunakan sistem gugur dengan jumlah total pertandingan sebanyak 158. Dengan 128 peserta, Piala Indonesia akan dibagi dalam babak 128 besar atau round 1, babak 64 besar (round 2), babak 32 besar (round 3), babak 16 besar (round 4), babak delapan besar (perempat final), babak empat besar (semifinal) dan final.

Untuk round 1 dan round 2 sistemnya single match (satu pertandingan). Tuan rumah dari pertandingan ini adalah klub yang statusnya lebih rendah. Sistem pertandingan home and away mulai diterapkan di babak 32 besar atau round 3 sampai final.

Penentuan lawan mulai round 1 sampai round 3 diundi. Untuk round 1, tim Liga 1 atau Liga 2 dipastikan akan mendapatkan lawan dari tim Liga 3. Namun, tim Liga 3 juga punya peluang untuk menghadapi sesama tim Liga 3.

Setelah round 1 selesai, round 2 di masing-masing zona kembali diundi dan demikian seterusnya sampai round 3. Pengundian penentuan lawan ini dilakukan agar masing-masing tim punya peluang yang sama. (grd)