DEPOK (Bisnis Jakarta) – Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, memberikan fasilitas tes urine secara gratis bagi warga Kota Depok, untuk mengetahui dalam diri atau anggota keluarganya yang di khawatikan positif penggunaan narkoba atau tidak.

Kepala BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengatakan warga cukup membawa salinan KTP dan tes kit parameter 5-6 yang banyak dijual di apotek ke Kantor BNN Kota Depok. “Dengan alat tes kit warga sudah bisa memeriksakan urinenya. Sesudah di tes urine, warga langsung menerima hasilnya. Tes urine dibuka untuk umum di BNN Kota Depok di jam 08.00,” ujar di Depok.

Namun pihaknya mengaku dalam sehari hanya membatasi 10 orang yang melakukan tes urine. Meski demikian tes urine juga bisa dilakukan melalui Puskesmas dan instansi Pemerintahan Kota Depok lainnya. “Kami berinisiatif membantu melayani warga positif penggunaan atau tidak, untuk tes bebas narkoba perlu alat khusus yang saat ini BNN Kota Depok belum memiliki. Selain itu, juga jumlah petugas belum mencukupi,” katanya.

Selain, tes urine dibuka untuk seluruh kalangan. Pihaknya menghimbau, jika ada petugas yang meminta dana dia meminta segera laporkan ke pihak BNN Kota Depok. “Sampaikan ke kami jika ada pungutan yang dilakukan petugas. Sebab, tes urine ini memang sudah aturannya tidak dikenakan biaya,” tegasnya. (jif)