Geliat Gerakan Literasi di Tangsel

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Gerakan literasi mulai semarak di kota Tangerang Selatan (Tangsel). Salah satunya yang dijalankan Rumah Baca Alam (Rumbala) di Jalan Cimandiri RT 01/RW 08 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat. “Lumayan ramai. Anak-anak di Cipayung ini begitu antusias dengan kegiatan yang dijalankan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan untuk menaikan minat baca anak-anak,” ungkap pengelola Rumbala, Iqbal Rafi.

Lebih lanjut Iqbal mengatakan budaya literasi di tanah air saat ini masih minim. Untuk itu, Rumbala hadir di tengah masyarakat Cipayung untuk mendukung program pemerintah, yakni Gerakan Indonesia Membaca (GIM).

Iqbal menambahkan, dalam kesehariannya, Rumbala memiliki tiga kegiatan rutin untuk menambah kreatifitas dan wawasan sekitar 60-an anak di lingkungannya. Yakni kegiatan menggambar dan mewarnai, asah kreatifitas dengan origami serta membaca buku cerita bersama. “Kami menerima bantuan buku, alat tulis, buku cerita dan lainnya. Selama ini, kami melakukan penambahan atau barter buku cerita dan bacaan dari rekan penggiat di wilayah Bekasi dan Depok,” imbuhnya.

Keterlibatan pemerintah daerah, menurutnya amat dibutuhkan untuk kelangsungan upaya membangkitkan budaya membaca di masyarakat. Paling tidak, pemerintah bisa menyediakan buku bacaan, alat tulis dan fasilitas penunjang lainnya. “Harapan kami kegiatan ini mendapatkan dukungan serius dari pemerintah Tangsel. Karena tujuan kami sama, sama-sama ingin mencerdaskan anak-anak penerus bangsa,” pungkasnya. (nov)