DEPOK (Bisnis Jakarta) – Diklaim sebagai langkah penawaran kerjasama di bidang industri sekaligus mengetahui perkembangan sistem industri kerajinan di Indonesia. Perkumpulan pengusaha industri asal Provinsi Shandong, Cina mengunjungi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok.

Kepala Bidang Industri Dekranasda Kota Depok, Martinho Vaz saat menerima kunjungan tersebut mengatakan pihaknya memperkenalkan produk-produk kreatif warga Depok yang ada di gedung Dekranasda dan membawanya ke negeri Cina, termasuk menanggung akomodasinya untuk dua orang.

“Demi menjalin kerjasama dengan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Depok, pihaknya siap memfasilitasi produk-produk IKM dan akomodasi bagi satu pelaku IKM dan satu dari pemerintahan untuk pameran di Provinsi Shandong September mendatang.” Katanya.

Nantinya, pihak Dekranasda akan melakukan koordinasi dengan pelaku IKM untuk memenuhi undangan Provinsi Shandong. Menurutnya, terdapat sejumlah pelaku industri alat-alat kesehatan di Kota Depok yang dapat memenuhi permintaan tersebut. “Pameran yang digelar hanya untuk produk-produk yang berasal dari metal atau plat baja. Sehingga akan dicari IKM yang sesuai dengan permintaan mereka,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengatakan para pengusaha industri asal Provinsi Shandong tersebut tertarik melihat berbagai kerajinan pelaku IKM yang ada di galeri Dekranasda termasuk mengenal batik khas Kota Depok. (jif)