Jumlah Siswa 24.000, Kuota SMP Negeri hanya 6.000

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Dari 24 ribu jumlah siswa Sekolah Dasar (SD) di  Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2018, hanya 6.000 kuota untuk diterima di 22 SMP Negeri. Dengan kondisi tersebut, Dinas Pendidikan pun meminta kepada para orangtua murid untuk tidak memaksakan anaknya untuk bisa melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri.

“Saya menghimbau kepada orangtua pendaftar agar tidak memaksakan anaknya untuk sekolah di negeri. Karena, kualitas sekolah swasta sudah baik dan sekolah swasta pun masih membuka pintu pendaftaran bagi calon peserta didik yang tidak diterima di SMP Negeri,” ungkap Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono.

Asumsi perhitungan tahun ini lulusan SD ada sekitar 24.000. Jika 50 persen sudah mendaftar atau masuk SMP swasta. Sedangkan yang mendaftar SMP Negeri tahun ini ada 12.000, kemudian yang diterima sesuai daya tampung itu sekitar 6.000, dari 22 SMP Negeri yang ada di Tangsel.

Masyarakat yang ingin mengkakses sistem online PPDB SMP 2018 di Tangsel tinggal mengakses situs http://ppdb.dikbudtangsel.com, dan kemudian mengikuti tiga langkah panduan berikut yang muncul di dalam website tersebut :

  1. Input NIK (akan muncul data nama, alamat),
  2. Input nomor peserta ujian (akan muncul nilai USBN.
  3. Input pilihan 3 sekolah (Urutan menunjukan prioritas pilihan).

(nov)