DEPOK (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota (Pemkot) mengaku telah menyiapkan anggaran gua merevitalisasi empat pasar tradisional diwilayahnya. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) menilai, empat pasar yang sudah membutuhkan renovasi diantaranya Pasar Sukatani, Pasar Tugu, Pasar Agung, dan Pasar Cisalak.

Kepala Bidang Sarana dan Bina Pasar Disdagin Kota Depok, Dadang Supriatna mengatakan Khusus untuk Pasar Sukatani, Pasar Tugu, dan Pasar Agung akan dilakukan renovasi. Sedangkan untuk Pasar Cisalak, pihaknya mengaku akan melakukan perluasan berupa penambahan ruang usaha di area pasar.

“Renovasi seperti pengecatan dinding, penggantian keramik, hingga pengantian atap. Sementara untuk Pasar Cisalak akan ada tambahan tiga kios ukuran kios 4×5 meter, di sekitar area pasar,” katanya.

Terkait biaya revitalisasi pasar tradisonal yang dikelola Pemkot Depok tersebut, pihaknya menjelaskan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia (RI). Untuk total anggaran sebesar Rp4.4 miliar lebih dan ditargetkan selesai pada November tahun ini.

“Plelangan berlangsung bulan ini, untuk proses renovasinya bisa mencapai 3-4 bulan tergantung dari kontrak yang ditentukan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP),” jelasnya. (jif)