Wali Murid Keluhkan Sulitnya Akses PPDB Online

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPBD) online tingkat SMP di kota Tangerang Selatan (Tangsel) menuai keluhan sejumlah wali murid. Kebanyakan mengaku kesulitan menginput data siswa berdasarkan ketentuan yang ada.

“Masuknya bisa, tapi ketika kami input nomor peserta USBN dengan kode 04 nama dan nilai USBN tidak keluar,” ungkap seorang orangtua wali murid, Cahyono.

Dirinya selalu tak dapat melakukan input data nomor peserta USBN putranya. “Harusnya ketika saya input nomor peserta USBN anak saya bisa langsung keluar secara otomatis nama dan nilai USBN anak saya. Tapi ini tidak, berkali-kali selalu begitu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Taryono mengaku sudah menyiapkan infrastruktur IT terbaik, untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran PPDB online. Jaringan internet memang sempat down ulah peretas atau hacker. “Enggak (error), bisa kok,” ujarnya.

Menurut Taryono, banyak temuan masalah karena kekurang telitian orangtua/wali murid yang mengakses PPDB online. Seharusnya ketika membuka login sistem cukup hanya sekali, tidak perlu berulang-ulang.

“Nomor peserta mestinya sembilan digit. Tadi juga ada ngeluh begitu, tapi salah input nomor,” tandasnya. (nov)